Learning Community

Inovasi Atau Mati

Posted on: 12 November 2008

Ditengah krisis global sekarang ini perusahaanyang memiliki inovasilah yang dapat bertahan dan inovasi merupakan kunci kesusksesan perusahaan dimasa yang akan datang. Lihat saja Apple yang menduduki peringkat pertama perusahaan yang paling inovatif versi Business Week. Di tengah-tengah lesunya ekonomi Amerika, Apple tidak terpengaruh, Ia terus tumbuh bahkan lebih dari 100% tahun ini. Apple dapat mencapai sukses seperti sekarang ini kata kuncinya adalah inovasi, lihat saja deretan produk inovatif dan inspiratifnya seperti iPod, iTunes, Mac Book dan iPhone yang disambut gegap gempita dan membuat para pesaing melongo.

Dulu produk handphone tercangggih dapat bertahan bertahun-tahun sekarang hanya dalam waktu 4 bulan sudah usang dan diannggap ketinggalan zaman. Pesatnya perkembangan teknologi membuat perusahaan harus selalu mengikuti tren dan melakukan inovasi-inovasi agar produknya mampu bersaing.

Untuk UKM-UKM inovasi bukanlah barang mewah dan mahal. UKM-pun sangat butuh inovasi agar produknya dapat bersaing di pasar global. Justru dari usaha kecil inilah inovasi akan sangat mudah diterapkan karena disamping skalanya masih kecil juga kebutuhannya belum kompleks. Ingatlah Google, Yahoo!, Amazon, Facebook, Dell adalah perusahaan-perusahaan yang sukses karena inovasi dari skala kecil.

Kedepan perusahaan yang inovatiflah yang akan bertahan dan tidak ditinggalakan pelanggannya. Ide-ide segar dan bentuk, jenis selalu berubah seakan idenya tidak pernah habis. Keadaan inlah yang akan membuat harga produk akan cepat turun karena adanya teknologi baru, hal ini akan sangat menguntungkan konsumen. Karena konsumen kelas bawahpun akan dapat menikmati walaupun mungkin trennya telah usai.

Satu pertanyaan besar adalah bagaimana dengan Anda siapkah untuk menghadapi sebuah perkembangan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Dahulu ketela hanya menjadi konsumsi kelas bawah yang diolah ala kadarnya dan tidak menarik. Sekarang ketela diolah dengan sentuhan inovasi menjadi produk yang bernilai jual dan digemari bukan hanya kelas menengah kebawah tetapi juga kelas atas.

Sebagai penutup saya hanya ingin mengatakan bahwa dunia ini ada untuk orang yang memiliki kreatifitas dan inovasi. Orang yang kreatif tidak akan susah dalam menghadapi kehidupan ini. Dimanapun dia berada dapat hidup dan tidak ada istilah menganggur.

Selamat Berinovasi ……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: