Learning Community

Membangun Aplikasi SMS Gateway untuk Perguruan Tinggi

Posted on: 13 Agustus 2008

Penerapan TI, dalam membantu layanan dan operasional sehari-hari sudah bukan barang baru. Hampir semua perusahaan dan instansi pemerintah sudah menggunakan teknologi informasi ini untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan, tidak terkecuali juga di dunia pendidikan.
Perkembangan perguruan tinggi di Indonesia sekarang ini tidak terlepas dari peran teknologi informasi dalam membantu memajukannya, karena dengan adanya TI akan dapat mempercepat proses, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas.
Disamping perkembangan computer yang sudah memasuki era laptop/notebook, perkembangan handphone pun tidak kalah pesatnya. Hampir bisa dipastikan setiap mahasiswa, orang tua, dosen dan manajemen universitas memiliki handphone, karena HP sekarang ini sudah bukan barang mewah lagi, tukang becakpun memiliki HP.

Penggunaan HP yang semakin meluas maka akan mendukung perkembangan TI ke depan. Kombinasi antara computer dan HP menjadi hal yang sangat menarik untuk di terapkan, apalagi sekarang ini koneksifitas antara HP dan computer semakin mudah, dapat melalui kabel data, USB, Infrared, Bluetooth, dll. Kombinasi keduanya aka melahirkan sebuah layanan yang spektakuler. Bagaimana tidak setiap informasi yang ada diperguruan tinggi dapat didapat hanya dari layar HP, misalkan nilai, IPK, KHS, Informasi kuliah, Absensi, dll. Dengan adanya combine dua teknologi ini maka akan meningkatkan layanan dan kemudahan user dalam mengakses informasi di perguruan tinggi.
Bagaimana prinsip kerjanya ?
SMS Gateway merupakan perpaduan antara layanan telepon seluler dengan computer, dimana computer akan merespon secara otomatis setiap ada request perintah yang didapat via SMS, dan computer akan mengirim jawaban dari request via SMS. Namun disini perlu diperhatikan mengenai aturan dalam mengirim SMS agar computer dapat menterjemahkan apa yang di request.
Bayangkan dengan penerapan teknologi ini maka computer akan dapat menggantikan seorang customer service atau layanan akademik dengan kerja yang lebih cepat dan standby 24 jam non stop (kecuali kalau servernya mati atau pulsanya habis ).

Untuk mengembangkannya anda cukup punya satu komputer sebagai server, satu modem GSM atau HP yang memiliki modem. Cukup mudah bukan untuk membuatnya.

Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi yang opensource untuk melakukannya seperti dengan Gammu, sehingga hal ini semakin mempermudah dalam melakukannya.

Selamat mencoba …..

14 Tanggapan to "Membangun Aplikasi SMS Gateway untuk Perguruan Tinggi"

Mas, punya tutorial yang mudah dipahami untuk membuat sebuah aplikasi yang berbasis SMS Gateway gak?

Saya ingin mencoba, kalau bisa yang menggunakan VB.Net, atau terserah pake apa aja saya juga mau. Bls ya.

tools apa yang paling bagus bikin sms gateway??

thx

Jawab

Untuk membuat sms gateway dapat menggunkan semua bahasa program baik c, java, VB, delphi, dll. Sekarang tergantung yang mau buat bisanya bahasa pemprograman apa? atau sekarang sudah ada program jadi yaitu menggunakan gammu. Kalau selama ini yang sedang saya kembangkan saya buat dengan menggunakan Delphi dan tampilannya dapat di lihat di artikel m-Smart Software
Thanx. semoga bisa membantu

Check out this great post!

Blog: Mahfudz
Post: Layanan data lewat SMS
Link: http://mahfudz.blog.com/4487507/

salam kenal mas….

mas pernah buat sms gatewaynya pakai VB ga???dan ga pake AT command…kabel data nya FBUS (ya kabel data hp bahela)

klo pernah bantuin saya dunk mas…kendala saya di autorespon yg menggunkan keyword seperti REG(spasi)daftar dll…

aku bingung…untuk TA ku mas…klo perlu aku kirimin source nya…

andry_lissajous@yahoo.co.id

Jawaban

Untuk membangun program SMS Gateway dengan menggunakan VB terus terang saya belum pernah. Yang pernah saya bangun menggunakan delphi (Lihat M-Smart Software). Jika anda mengalami kesulitan saran saya bangun saja menggunakan Gammu untuk interkoneksi dengan HP dan databasenya menggunakan MySQL. Software ini free tinggal anda customise sedikit untuk keperluan yang anda inginkan. Untuk membaca perinta misalkan REG(spasi)daftar maka anda harus melakukan parsing text terlebih dahulu dan kata kunci dikirim sebagai keyword untuk searching di database atau perintah apa yang harus dilakukan. Oleh karena itu terlebih dahulu anda harus membuat aturan penulisan dll …..
Thanx.

mw tanya mas gmna caranya sms menggunakan oxygensms harap bantuannya kirim ke email saya “tandyaxl@yahoo.co.id

Jawab

Oxygensms setahu saya adalah sebuah komponen, maka caranya anda tinggal instal komponen oxygensms kemudian tempelkan komponen tadi ke program anda dan setting konfigurasinya agar bisa terkoneksi dengan handphone atau modem.
Untuk menjalankan agar membaca atau menerima sms anda harus melakukan coding manual sesuai dengan prosedur atau function yang dimiliki oxygensms (anda tinggal memanggi prosedur/fungsi tadi dengan memasukkan parameter jika ada)

ada tutorialnya nya gak… soalnya saya kuramg paham kirim ke email saya ya bang

Jawaban

Insaallah nanti akan saya bahas lebih detail di website saya yang lain. Untuk sementara ini Websitenya sedang saya bangun. Nanti saya kabari kalau sudah OK.

Saudara Hamdani Bisa kunjungi alamat website pustaka-kita

minta source code mysql yang memecah data menjadi table dengan delimiter spasi dunk..soalna TA saya terkendala disana
mas bisa mengirimkan sourcenya ke email saya atas bantuan nya sya ucapkan trima kasih

Mas Riski, saya masih binggung dengan pertanyaannya. Maksudnya memecah data menjadi tabel dengan delimeter spasi, itu gimana ? bisa beri contohnya, misalkan data apa terus dipecah jadi apa ….
Atau yang Anda maksud parsing teks, yaitu memparsing teks menjadi kata dengan delimeteri spasi. Kalau itu yang dimaksud Anda dapat lihat di Pustaka Kita

Mas saya sekarang lagi TA dan rencananya mengambil judul TA yg menggunakan sms gateway, mohon bantuannya. Saya membutuhkan tutorial seputar sms gateway kalau ada yang lumayan lengkap mohon diinfokan ke email saya. Sebelumnya saya ucapkan beribu-ribu terima kasih atas kesediaan Mas membantu saya.

Anda dapat mengunjungi situs Pustaka-kita.com untuk belajar tentang SMS GATEWAY. Semoga TA-nya cepat kelar.

mas,.
butuh bantuan neh untuk pengembangan sms gateway dengan PHP.. plisss

coba pake gammu mas

Mas saya sekarang lagi TA dan judul TA saya “sms gateway untuk melihat khs”, mohon bantuannya. Saya membutuhkan tutorialnya kalau ada yang lumayan lengkap mohon diinfokan ke email saya. Sebelumnya saya ucapkan beribu-ribu terima kasih atas kesediaan Mas membantu saya.

coba anda buka di ilmudelphi, selamat mengerjakan TA

terimakasih info nya. . . .

Tinggalkan Balasan

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
