Learning Community

Melacak Pengunjung Blog Dengan Google Analytics

Posted on: 8 Agustus 2008

Bagi pemilik Blog, tentunya kita sangat ingin mengetahui data-data dari para pengunjung blognya. Hal tersebut biasanya ditunjukkan dengan adanya Hit Counter, Site Track Meter, Alat pendeteksi jumlah pengunjung, dll. Nah buat pemilik Blog yang tertarik dengan hal tersebut, ada sebuah layanan masyarakat dari Om Google, yang namanya Google Analytics. Bagi yang sudah sering berselancar di dunia maya tentunya sudah tidak asing lagi dengan Google Analytics, tapi bagi yang masih baru dan mungkin gaptek (jangan marah ya …..) pasti belum tahu atau tahu tapi masih dikit. Disini akan saya coba terangkan tentang Google Analytics.


Google Analytics berbeda dengan Hit Counter. Hit Counter biasanya hanya menghitung jumlah pengunjung yang datang untuk menjenguk atau berkunjung ke situs kita. Sedangkan Google Analytics, beliau tidak hanya menghitung jumlah para pengunjung tapi juga data-data yang lainnya, misalnya tentang:

  • Berapa pengunjung yang datang tiap harinya
  • Berapa lama mereka nognkrong di blog kamu
  • Browser apa yang mereka gunakan
  • Dengan cara apa mereka datang, misalnya lewat search engine lewat situs orang lain atau langsung datang dari situs kita.
  • Dari negara mana mereka datang
  • Dari kota mana
  • umurnya berapa

Dengan adanya informasi diatas maka akan sangat berguna untuk kelangsungan hidup Blog ….. hehehe J, Tetapi dengan tahu kalo ternyata Blog kita banyak pengunjungnya akan memacu kita untuk lebih saying pada Blog kita … yak an ?. Nah kalo tertarik daftar aja di http://google.com/analytics tapi syaratnya kamu harus sudah punya account di google. Setelah daftar jangan lupa kamu kopi kode/script yang dikasih Mbah Google, trus login ke blogger Klik Templat –>> Edit HTML. Paste kode/script yang sudah dikopi kedalam tag HTML yaitu sebelum tag </body> jangan lupa disimpan.

Kembali lagi ke google.com/analytics, kamu harus mengklik Check Status dulu (Dicek apakah kamu masih single atau doble). Kalo sudah berhasil maka akan ada tandanya, kalo belum ya dicoba lagi.

Datanya baru akan muncul satu hari kemudian, jadi ini bukan seperti hit conter yang datanya akan langsung berubah tiap detik tapi data-data google.com/analytics ini akan muncul tiap ganti hari. Gimana sudah selesai mencobanya …. Gampang kan ……

Selamat Mencoba……

17 Tanggapan to "Melacak Pengunjung Blog Dengan Google Analytics"

thanks infonya sobat… mau dicoba ah…

makasih, sharing yang bagus

makasih ya mas infonya… mudah-mudahan saya bisa memasang “alat” itu di blog saya..kalo belum bisa saya tanya mas lagi boleh???

sip ini yang saya cari

trims, infonya sangat berguna. sudah saya praktekin.. tapi msh blm keliatan statusnya…
mungkin bsk br keliatan, hehehe
thanks

Thanks and nice dariku

Blognya banyak manfaatnya

bila mau informasi tentang kesehatan sesekali kunjungi blog ku (machdiachmadsyah.blogspot.com) dan kasilah komentar.

Salam Blog

Terimakasih atas infonya.

cara pakai di wordpress ga bs muncul di kolom side bar ya?

gak ada contohnya boz?

makasih om.. tercerahkan. aku coba

kalo tuk web replika bisa di lacak or pake google anylitic ga…mohon bantuanya ya bro…

kalau untuk melacak web setahu saya tidak bisa, jadi google analitic hanya untuk mengetahui informasi data pengunjung web kita dan kitapun harus terlebih dahulu menaruh script di web kita untuk mengkoneksikan.

ijin kopas ya Bang.🙂
Aku kasih link sumbernya kok.🙂

sip, bagus nih infonya.. Sekalian numpang promo blog yang berisi game2 PC muarh meriah http://www.sonic-rental.co.cc/ hehe… makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: