Learning Community

7 Kiat Membangun Bisnis Online

Posted on: 9 Juni 2008

Bisnis online kian hari kian semarak. Prospek dan pasarnya semakin baik dan berkembang, mungkin karena itulah bisnis online semakin diminati dan mulai menjadi primadona di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dan berdarah-darah. Jika Anda juga tertarik untuk memulai bisnis online ada 7 kiat untuk mengembangkan bisnis online agar dapat exis dan berkembang, simaklah kiat-kiat dibawah ini. (Fino Yurio Kristo)

1.      Rancang Bisnis dengan Cermat

Rancanglah rencana bisnis online Anda dengan cermat dan detail. Pertimbangkan segala aspek, seperti target pasar, kemampuan pesaing, sumber daya, membangun loyalitas konsumen, dan bagaimana aturan-aturan mainnya serta prediksikan tantangan-tantangan kedepan yang mungkin muncul. Untuk bisa lebih cermat cobalah belajar dari buku-buku dan referensi lainnya baik dari pengalaman orang yang sudah sukses membangun bisnis online maupun belajar sendiri di internet.

2.      Temukan Sasaran Pasar Spesifik

Hal yang sangat menentukan keberhasilan bisnis online adalah ketepatan menentukan pasar. Oleh karena itu tetapkan pasar yang akan dibidik secara lebih spesifik sehingga kita akan fokus dalam menggarapnya. Temukanlah peluang pasar yang belum  banyak digarap oleh orang lain dan buatlah diferensiasi produk serta bubuhkan inovasi-inovasi.

3.      Cari Sumber Keuangan

Untuk yang satu ini dapat digunakan pinjaman dari bank, atau uang Anda sendiri. Sebab sebenarnya bisnis online modalnya bisa sangat sedikit dan lebih aman dalam hal resiko dari sisi keuangan. Jika Anda tidak punya modala banyak mulailah dari hal-hal yang kecil dulu misalkan menjalin kerjasama dengan pihak lain.

4.      Buat Situs yang Handal

Bisnis online sangat tergantung pada kehandalan situs Anda sebab situs Anda ibaratnya adalah toko Anda. Jika Anda serius belilah domain dan hosting dari penyedia hosting yang sudah terbukti kehandalannya dan mudah dalam memanagenya. Buatlah situs Anda semenarik mungkin, mudah dihafal namanya, simple dan selalu up to date/update.

5.      Promosi Jitu

Untuk mempromosikan situs Anda ada banyak cara di internet, bisa dengan Google Adwords, bertukar link dengan situs lain, promosi lewat forum, email maupun situs-situs iklan lainnya untuk mengenalkan situs Anda pada banyak orang diseluruh dunia. Karena pasarnya global disarankan menggunakan bahasa Ingris atau dual bahasa (Indonesia dan Inggris).

6.      Permudah Transaksi Konsumen

Permudahlah konsumen dalam melakukan transaksi dan pemesanan di situs Anda. Berikan kenyamanan dan keamanan yang memadai sehingga konsumen percaya bahwa identitas dan informasi detail lainnya tidak akan bocor. Perlakukan konsumen dengan baik dan bangunlah kepercayaan dengan konsumen.

7.      Motivasi untuk Terus Maju

Selalu butuh waktu agar bisnis online Anda dapat berkembang, oleh karena itu Anda jangan mudah menyerah dan putus asa. Sebagai entrepeneur online, Anda perlu energi, antusiasme, determinasi, dan gairah untuk maju. Perlu disadari bahwa sukses besar di bisnis internet cukup langka. Namun tak perlu pula kecil hati karena cerita kesuksesan bisnis online sudah amat banyak.

 

 

 

7 Tanggapan to "7 Kiat Membangun Bisnis Online"

Kamu tahu nggak, kami di majalah HIDAYAH NGGAK PERLU KIAT DUNIA UNTUK BISA MAJU. Buktinya majalah Hidayah paling laku di INDONESIA. Tirasnya sudah di atas 200 ribu eksemplar. Kalau mau maju cukup sholat, zikir, dan baca Hidayah. Nggak perlu tetek bengek teori seperti yang kamu tulis itu.

Bung Ridwan, Anda mungkin bisa bilang seperti diatas karena Anda sudah merasa sukses dan agaknya dari komentar anda ada kesombongan. Tetapi kiat2 tentunya sangat penting untuk mencapai sebuah kesuksesan apalagi untuk pemula, jangan2 anda baru bergabung dengan majalah Hidayah setelah Hidayah telah sukses seperti sekarang ini, jadi anda tidak pernah mengalami masa sulit.
Untuk mencapai sebuah kesuksesan menurut saya sholat dan zikir aja tidak cukup tetapi yang terpenting adalah ikhtiar. bukankah Allah tidak akan mengubah suatu kaum sampai kaum itu berusaha merubahnya sendiri. trim

Wah betul tuh Bung Andi, banyak kebanyakan orang tidak pernah merasakan bagaimana susahnya merintis usaha… orang bilang langkah pertama biasanya susah… kadang orang yg sudah sukses itu suka lupa daratan… sy setuju dengan Bung Andi, teori, rencana, ikhtiar itu sama pentingnya.. dan yg paling penting kalo udh berhasil jgn SOMBONG !!

Untuk yg mau usaha online, sy menyediakan jasa pembuatan website, silahkah kunjungi http://logic99store.com

Nah, dari sekian poin yang mas andi sebutkan, yang terkahir tentang motivasi mesti jalan terus. Karena bisnis ol tidak mudah, kadang motivasi bisa kendor LOL..

Thanks for sharing

Wahhhh sebaiknya agak bijaklah…saya kira justru kalo dari Pemred ga mungkin komentar seperti itu ..gimana isi majalahnya kalau Pemred nya sendiri punya pendapat demikian hehehhe…KALU MAU TAU ISINYA BACA MAJALAH SUARA HIDAYATULLAH…dari awal malang melintang dengan konsisten isinya Goods meng akidah tidak sekedar ritual semata

teruskan mas Andy coretannya

Yg pake nama ridwan malik itu mungkin hanya orang lain, jd nama dia dicatut. Komentar yg penuh kesombongan itu mgkn tujuannya untuk mencemarkan nama baik yg namanya dicatut.

Mas Andi, maju terus pantang mundur. Apa yg dikatakan Ridwan malik jgn dibikin risau. Coba balik tanya kembali ke ridwan malik, apa majalah hidayah bisa besar dan laku begitu saja?.. tentunya tidak kan. Mjlh hidayah jadi besar itu juga tak lepas dr kiat-kiat (tip-tip) khusus. Betul klo pingin sukses ya sholat dan dzikir, tapi itu juga belum cukup, musti kudu iktiar dan tawakkal. Bukankah Allah tlh jelas menurunkan wahyu pertaman’Iqra’ = bacalah. itu sebagai tanda bahwa manusia disuruh membaca/belajar. yg jelas dunia dan akhirat hrs seimbang. wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: