Learning Community

Cara Aman Memulai Bisnis

Posted on: 2 Juni 2008

Bila anda ingin segera memiliki sebuah usaha milik sendiri, tapi tidak mempunyai modal untuk memulainya, jangan berkecil hati. Banyak jalan untuk mewujudkan keinginan anda itu. Bisa saja anda mengajukan pinjaman ke bank atau mencari investor yang mau mendanai rencana bisnis anda.
 
Namun demikian, jika anda seorang pemula dalam dunia bisnis, alternatif tersebut tidak disarankan. Terlalu beresiko jika anda memaksakan diri untuk memulai usaha anda dengan modal pinjaman atau investasi milik orang lain. Sebisa mungkin hindari saja alternative ini, setidaknya pada tahap-tahap awal bisnis anda.
 
Akan lebih baik bagi para pemula untuk mengikuti beberapa kiat dari http://www.essortment.com berikut:
 
Mulai dalam skala kecil
Kunci utama untuk memulai bisnis tanpa modal adalah dengan memulai bisnis dalam skala kecil. Anda bisa merencanakan untuk memperbesar usaha anda nanti setelah bisnis anda berjalan lancar. Untuk sementara jalankan saja rencana usaha anda secara kecil-kecilan.
 
Mulailah dengan apa yang anda miliki
Kunci kedua untuk memulai bisnis tanpa modal adalah dengan memulai usaha anda dengan sumberdaya yang anda miliki. Carilah usaha yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan apa yang sudah anda punya. Misalnya saja anda sejak dulu gemar membuat kue, dan anda mempunyai beberapa perlengkapan membuat kue. Buka saja usaha jasa pembuatan kue kering. Tawarkan jasa anda itu pada keluarga anda, teman kantor, tetangga anda, dll. Gunakan juga alat-alat yang sudah anda punyai.
 
Anda tentu bisa membeli peralatan yang lebih memadai pada saatnya nanti ketika sudah cukup terkumpul uang sebagai hasil dari keuntungan usaha anda itu. Sekali lagi saat memulai gunakan apa sudah anda punyai.
 
Mulailah dari rumah
Tanpa modal, anda tentunya tidak akan bisa menyewa sebuah took di pinggir jalan sebagai gerai. Untuk sementara lupakan dulu usaha yang menuntut anda menyewa sebuah toko atau kantor. Mulailah untuk menjalankan bisnis anda dari tempat tinggal anda sendiri, misalnya dari garasi atau sebuah sudut di ruang tamu yang anda sulap menjadi kantor.
 
Mulailah dengan anggaran iklan serendah mungkin
Banyak perusahaan mencari cara untuk memasarkan bisnis mereka secara gratis. Promosi dari  mulut ke mulut  biasanya sapat menjadi cara paling baik untuk memperoleh pelanggan baru. Mintah kepada setiap pelanggan untuk mereferensikan produk/jasa anda kepada kenalan-kenalan mereka.
 
Bergabunglah dengan banyak perkumpulan local di tempat tinggal atau tempat anda bekerja. Dengan begitu anda dapat berkenalan dengan lebih banyak orang, dan itu berarti anda dapat mempromosikan usaha anda ke lebih banyak orang.
 
Yang paling penting adalah promosikan usaha anda di setiap kesempatan – saat anda chatting, saat bertemu kawan lama, saat anda berkenalan dengan seseorang, saat mengunjungi saudara, pokoknya setiap ada kesempatan, promosikan bisnis anda. Tidak usah malu-malu, bahkan jika mungkin, bawa sebuah contoh hasil pekerjaan anda ke mana pun anda pergi. Kita tidak akan pernah tahu kapan anda akan bertemu dengan calon pelanggan yang tertarik menggunakan produk atau jasa kita.
 
Gunakan uang anda dengan bijaksana
Sebelum anda membeli seseuatu, pikirkan apakah sesuatu yang ingin anda beli itu akan benar-benar membantu perkembangan usaha anda atau tidak. Jangan takut untuk menunda pembelian suatu barang sampai anda benar-benar yakin kalau yang barang yang akan anda beli itu benar-benar anda perlukan.
 
Tentu saja memulai bisnis dengan cara ini bukanlah cara cepat untuk mencapai kesuksesan bisnis. Diperlukan kesabaran dan kegigihan dalam berusaha. Namun demikian cara ini relatif lebih aman, karena anda dapat memastikan prospek  bisnis yang anda jalankan itu sebelum anda benar-benar mengeluarkan modal yang lebih banyak. Kalau usaha anda ternyata tidak semenguntungkan yang anda kira, atau mungkin saja anda gagal, resiko yang harus anda tanggung pun tidak akan terlalu berat. Sebaliknya jika ternyata usaha anda berjalan dengan baik, maka anda dapat berinvestasi pada usaha yang sudah berjalan dan anda kuasai dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: