Learning Community

Membangun Usaha Berbasis IT

Posted on: 21 Mei 2008

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sangat cepat. Orang sangat mudah untuk dapat mengakses internet karena hotspot ada dimana-mana. Disamping itu selain melalui komputer (dekstop, laptop), internet juga dapat diakses melalui perangkat lainnya seperti HP, PDA. Perkembangan ini kedepan akan semakin trend dan menjanjikan karena operator maupun vendor sudah mulai mengarah kearah sana. Hal ini akan merubah peta persaingan di dunia bisnis.

Dahulu laptop tergolong barang mewah, sekarang dengan harga 4-5 juta sudah dapat laptop dengan spesifikasi yang lumayan dan dapat koneksi ke internet via wifi. Orang membawa laptop sudah bukan hal yang asing dan membanggakan sebab laptop sudah dianggap bukan barang mahal dan mewah lagi. Begitu pula dengan HP, dahulu HP juga merupakan barang mahal dan mewah sekarang sudah bukan barang mewah lagi sebab hampir semua orang memilikinya bahkan tukang becakpun sudah menggunakan HP. Fitur-fitur HP-pun terus mengalami perkembangan dan sudah banyak yang dapat melakukan koneksi internet dengan harga yang relatif murah. Pulsa-pun sudah mulai murah bahkan sekarang operator-operator seluler sedang melakukan perang tarif. Promo tarif murah masih menjadi medan bersaing yang sangat kental diantara para operator seluler.

Ketersedianya perangkat-perangkat ini tentunya akan mempermudah orang untuk melakukan akses ke internet. Apalagi Indonesia akan mengesahkan undang-undang tentang transaksi elektronik. Ini memberikan angin segar bagi pelaku bisnis. Dengan daya dukung yang memadai hal ini akan merubah peta persaingan kedepan. Perusahaan akan lebih menggantungkan teknologi informasi sebagai solusi bisnis. 

 

Perkembangan ini akan menciptakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Bisnis online akan semakin ngetrend, seperti toko buku online, toko HP online, dan usaha lainnya yang dilakukan secara online. Perusahaan besarpun akan mengarah kesana untuk sistem promosi dan penjualannya, walaupun mungkin yang menjadi prioritas utama masih untuk promosi produk. Dan penerapan teknologi informasi juga semakin meningkat karena dengan menerapkan teknologi informasi sebuah perusahaan dapat dengan mudah memonitor berbagai hal dan dapat dengan cepat mengambil keputusan. Misalnya untuk masalah inventori, perusahaan akan dengan mudah dapat mengetahui barang masuk dan keluar serta stok barang hari ini dengan akurat.

         

Bisnis online merupakan bisnis yang tergolong sangat murah karena :

         Tidak membutuhkan toko secara fisik sehingga tidak perlu menyewa ruko atau kios untuk buat toko

         Tidak membutuhkan gudang yang besar untuk menyimpan inventori karena inventorinya sangat minimal

         Tidak membutuhkan pekerja yang banyak cukup satu-dua orang sudah dapat melakukannya

          Pasar tidak terbatas, semua negara bisa menjadi pasar kita

         Yang terpenting adalah tidak perlu modal yang besar untuk melakukannya. Cukup modal untuk beli domain, hosting, komputer dan bayar koneksi internet.

 

Keuntungan inilah yang mulai dilirik oleh banyak orang untuk melakukannya. Bayangkan kita bisa berpenghasilan jutaan rupiah hanya dari kamar kita. Kita tidak perlu berpakaian rapi untuk ketemu klien, tidak perlu ngantor tiap hari, dan yang pasti pangsa pasarnya tidak terbatas.

 

Bisnis ini akan semakin ngetrend dan marak kedepan. Bagaimana dengan Anda, apakah akan mengambil peluang ini ?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: