Learning Community

Kontes Robot

Posted on: 21 Mei 2008

Kemarin tanggal 17-18 Mei 2008 UGM mengadakan kontes robot regional 3, yang diikuti oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Ada dua kategori yang dilombakan yaitu KRI (Kontes Robot Indonesia) dan KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia) bertempat di GSP (Graha Sabha Pramana) UGM. Perlombaannya cukup menarik dimana masing-masing peserta menerjunkan 2-3 robot, bahkan ada yang sampai 5 robot.

 

Pada KRI UGM berhasil menjadi juara pertama dengan nama robotnya “PALAPA” terilhami dari satelit palapa, juara kedua dari UNISULA, dan juara ketiga dari STTNAS. Kompetisinya cukup seru dan masing-masing kontestan memperlihatkan kebolehannya.

 

Melihat kontes robot ini jadi ingat kuliah, yah memang susah untuk membuat sebuah rangkaian lengkap dengan program yang dapat membaca sensor dan melakukan aksi-aksi, apalagi membuat robot cerdas yang dapat bergerak sendiri untuk mencari obyek. Hal terpenting dalam sebuah robot adalah sensor dan program disamping mekaniknya. Sebab keberhasilan robot cerdas dalam menemukan obyek sangat tergantung pada akurasi dan tingkat pembacaan sensor-sensor yang dimilikinya. Sebab sensor-sensor inilah yang dapat mengenali obyek atau hal lainnya, misalkan ada dinding, ada ruang dan lain sebagainya.

 

Untuk mempelajari agar bisa membuat sebuah robot cerdas memang susah dibutuhkan seoarang ahli program, ahli instrumentasi/elektronik, dan ahli mekanik. Ketiga ahli ini harus bekerjasama dalam membuatnya sebab harus dapat bersinergi.

 

Ada beberapa sensor yang biasa digunakan diantaranya yaitu sensor suhu, sensor LDR dan LED (Line Follower), Photodioda dan infra merah (Line Follower), infra merah, dan sensor lainnya. Sebagai otaknya biasanya menggunakan mikrokontroller yang nantinya di lakukan flash program untuk melakukan program pada robot.

 

Ingin mencoba membuatnya, maka mulailah dari yang sederhana dulu …..

Selamat Mencoba

2 Tanggapan to "Kontes Robot"

Heh.. Are you trying to reach my years selections I have a nice fresh joke for you people) Did you hear about the flasher who was thinking of retiring? He decided to stick it out for one more year!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: