Learning Community

Mental Seorang Juara

Posted on: 7 Mei 2008

Tulisan ini hanyalah sebuah ide dan pemikiran saya sendiri, semoga bermanfaat untuk semua pembaca. Suatu ketika saya pernah bertanya pada diri saya, bagaimana agar bisa menjadi manusia yang sukses baik di dunia maupun diakherat ? dalam benak saya hal ini terus terngiang-ngiang. Sampai-sampai untuk mencari jawaban tersebut saya sering melihat-lihat para pedagang yang berjualan dipinggir jalan, bagaimana mereka dapat sukses berdagang. Ada yang sangat ramai dengan pembeli, banyak juga yang sepi pembeli. Dalam hati saya berkata “ mungkin jika saya Tanya ke pedagang yang laris dan selalu ramai pembelinya akan saya dapat jawabannya” kemudian sayapun memberanikan diri untuk bertanya, “Pak apa sih resepnya agar dagangannya laku keras dan ramai terus”, “Mungkin karena masakan saya enak” jawab si pedagang. Dari beberapa pedagang makanan yang saya Tanya hampir jawabannya sama, bahkan ada yang malah tidak tahu kenapa dagangannya bisa selaris itu, sebab hal itu tidak pernah terbayangkan kalau akan selaris dan seramai ini.

Dalam hati saya bertanya lagi “apakah benar hanya karena masakannya yang enak yang bisa membuat sukses pedagang makanan ?”. di tempat saya tinggal, ada seorang ibu yang masakannya sangat enak, menurut saya, tetapi setelah dia berjualan makanan hanya beberapa bulan sudah tutup usahanya. Hal ini semakin membuat saya penasaran apakah sebenarnya resepnya.

Saya-pun kembali bertanya ke bebrapa pedagang. Ada satu pedagang yang jawabannya sangat menyentuh. Dia bercerita, dulu Dia bukanlah siapa-siapa banyak orang yang memandang sebelah mata akan keberadaannya, usaha yang dia jalani juga biasa-biasa saja. Tetapi dia tidak kenal menyerah, dia terus berusaha untuk memperbaiki strategi berdagangnya sebab di tempat dia berjualannya sudah sangat bayak pesaing. Sampai suatu ketika berkat usaha kerasnya dia berhasil mencapai omset 1 juta perhari, dagangannya sangat laris dan hal ini membuat iri para pesainganya. Sampai suatu hari dia di fitnah bahwa dagangannya mengandung zat yang berbahaya dan tidak halal. Maka karena fitnah tersebut omsetnya menurun drastis dan bahkan hampir mengalami kebangkrutan. Tetapi dia tidak pernah mengenal kata menyerah, dengan segenap tenaga dan kreatifitas dia-pun berusaha bangkit lagi. Diapun mulai berfikir keras bagaimana untuk mengatasi fitnah ini. Kemudian setelah solat subuh dia mendapatkan ide yang brilian, “ yah saya harus dapatkan sertifikat halal dari MUI “, setelah mandi dan makan pagi diapun bergegas untuk mengurus sertifikat halal tersebut. Setelah dia telah mendapatkan sertifikat halal, diapun mengadakan grand opening dengan lebih semarak dan menyebarkan beberapa brosur tentang kehalalan dan harga masakan yang tergolong murah.

Berkat itu semua, hanya dalam hitungan hari dagangannya ramai kembali dan diapun meluaskan usahanya dangan membuka beberapa cabang. Dalam cerita ini saya menangkap beberapa hikmah yaitu, jika ingin sukses maka kita harus bersikap pantang menyerah dan bekerja keras, jujur, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan yang terpenting adalah memiliki mental juara untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Sebab dalam hati saya berfikir, “orang ini memiliki mental juara”. Begitupun saat kita beribadah, kita juga harus melakukannya dengan sungguh-sungguh dan selalu ingin menjadi yang terbaik dimata Allah. Sebab hal ini akan mendorong kita menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, seperti kata pepatah “hari ini harus lebih baik dari hari kemarin”.

Semoga cerita ini bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kita semua agar dapat memiliki mental seorang juara.

1 Response to "Mental Seorang Juara"

semangat dan terus berjuang…
ketika kita bisa membayangkan sesuatu hal mampu kita lakukan, kita pasti bisa mewujudkannya…
tidak mustahil kalau sesuatu berasal dari mimpi…
terimakasih…
cerita yang bagus..

Tinggalkan Balasan

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
