Learning Community

Di balik Kesuksesan Yahoo dan Google

Posted on: 6 Mei 2008

Pernahkah kita berfikir, saat kita menggunakan yahoo group untuk diskusi, bahwa informasi yang kita diskusikan akan menjadi informasi yang sangat berharga dan bisa dijual oleh yahoo dengan harga yang cukup tinggi. Tentu hal ini menjadi sebuah pertanyaan besar ditengah maraknya penggunaan yahoo group sebagai ajang diskusi dari yang Cuma bercandaan sampai yang topik-topik serius dan rahasia. Saya jadi berfikir pantes aja pihak luar bisa tau tren di Indonesia, kebiasaan orang Indonesia, Kelemahan Indonesia bisa jadi mereka dapat informasinya dari kita sendiri yang secara tidaka sadar saat menggunakan yahoo group atau lewat email yahoo dan google.

Mungkin banyak diantara kita yang mengira wah asik diskusi di yahoo group gratis tidak bayar dengan space yang lumayan besar pula, namun pihak yahoo grouppun tidak mau rugi dia memberikan fasilitas untuk orang-orang di dunia dan dia akan dapat keuntungan dari informasi-informasi yang masuk databasenya yang dijual dengan harga yang cukup tinggi. Kita berdiskusi tentang sejarah dan budaya menggunakan yahoo group, diskusi tentang ide inovasi dengan yahoo group dan bicara lainnya. Bisa jadi generasi berikutnya akan kesulitan dalam mempelajari sejarah dan budaya nenek moyangnya karena dokumen di negeri sendiri tidak lengkap dan lebih lengkap data-datanya di hardisnya yahoo.

Jadi tidak mengeherankan jika yahoo mencari banyak tenaga-tenaga yang ahli bahasa Indonesia, untuk apa yahoo melakukan hal itu ? jawabannya cukup sederhana karena yahoo ingin menggali informasi dari database yang ada di servernya yang dari Indonesia. Informasi itulah yang sangat berharga, jadi jangan berfikir kita dikasih fasilitas Cuma-Cuma sebenarnya kitalah penyumbang informasi terbesar.

Belum lagi ada dari kita yang melakukan backup data dari hardis kita sebelum diformat ke email yahoo atau gmail, karena kapasitasnya lumayan besar. Maka dengan senang hati pihak yahoo atau google akan menyimpankan data kita walaupun setelah itu data yang di email langsung di hapus.

Bangsa kita memang terkenal dengan bangsa yang ceroboh dan kurang hati-hati, mungkin karena berfikiran sempit atau sederhana. Bisa jadi karena informasi yang kita berikan, yang kita tidak menyadarinya, itulah yang membuat bangsa ini dikuasai asing.

Jadi lebih berhati-hatilah dalam memberikan informasi khususnya yang memiliki nilai jual yang tinggi, dan jangan menggunakan fasilitas-fasilitas yang servernya ada di luar negeri untuk diskusi atau menyimpan data yang penting dan rahasia. 

3 Tanggapan to "Di balik Kesuksesan Yahoo dan Google"

boleh juga…
salam kenal…:D
tukeran link dong?

anda tlh menemukan sblm org lain smpt mencari..

ya kita jangan mau kalah segera mungkin ratakan jaringan internet di indonesia. dan onlinekan seluruh masyarakatanya. budayakan masyarakat online. atau membiasakan komunikasi lewat internet.
budaya internet
baru bisa ada gerakaan internet indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: