Learning Community

Surat Buat Para Penganguran

Posted on: 22 April 2008

Buat para penganguran yang dicetak oleh universitas-universitas dan sekolah-sekolah di Indonesia.
Di Indonesia masalah penganguran ini memang sangat pelik setiap hari perguruan-perguruan tinggi menciptakan pencari kerja bukan pembuat kerja. Menurut saya ada yang salah dengan sistem pendidikan di Indonesia. Jika tidak mengapa banyak sekali penganguran yang berjubel di negeri ini ?
Di lihat dari sistem pengajaran di Indonesia memang membentuk watak seorang pencari kerja. mereka kuliah dijejali dengan teori-teori yang rumit dan skil-skil agar nantinya dapat bersaing dalam dunia kerja. Tapi pernahkah anda bertanya pada diri anda sendiri, bagaimana kalau anda dapat membuat lapangan kerja ? Yah …. itulah kekurangan sistem pendidikan kita yang kurang memotivasi orang untuk membuat lapangan kerja. Sukses adalah bagi mereka yang telah menduduki kedudukan di sebuah perusahaan besar dengan gaji besar, dan hal ini hanya milik orang-orang yang berpendidikan dan pandai. Tapi benarkah seseorang yang tidak lulus sekolah tidak bisa memperoleh hal itu ?
Di masyarakat kita, para orang tua lebih suka anaknya jadi pegawai atau karyawan dari pada punya usaha sendiri. Mereka para orang tua lebih bangga jika anaknya sukses di karier daripada punya perusahaan sendiri. Jarang sekali para orang tua yang mendukung penuh anaknya untuk membuat usaha sendiri. Di masyarakatpun seorang pegawai jauh lebih dihargai daripada seorang pengusaha.
Mungkin kondisi diataslah yang membentuk mental kita, secara tidak langsung, menjadi bermental sebagai pegawai. “Sukses adalah mindset” setiap orang dapat meraihnya.
Cobalah teman-teman yang masih menganggur berusaha sebisa mungkin jangan terlalu lama menganggur tanpa melakukan apapun. Saya yakin kalian punya jiwa-jiwa inovatif dan kreatif. Keluarkanlah potensi tersebut untuk berusaha meraih kesuksesan sendiri. Memang perlu keberanian dan mental yang kuat untuk memulainya, tapi hal ini patut dicoba. Jangan pernah meratapi keadaan karena keadaan dapat berubah jika kita juga mau berubah … ingat sukses adalah mindset.
Cobalah untuk tidak jaga gengsi atau image, lakukan apapun selagi itu halal. Saya yakin kalian tidak kalah dengan penjual es buah yang ada di UGM, yang omset perharinya biasa mencapai Rp 300.000,- padahal yang jual mungkin hanya lulusan SD mereka cuma modal nekad, tapi toh jika kita mau melakukannya sepenuh hati hal itu sangat mungkin berhasil. Kalian ini Sarjana, cobalah untuk berfikir apa yang dapat anda lakukan untuk mencari uang dengan tangan anda sendiri. Cobalah dari hal-hal yang sepele, berjualan mungkin atau yang lainnya. Kalian pasti bisa melakukannya.
“Modal nekad, modal dengkul” kalian masih punya satu modal yang sangat berharga yaitu otak/kemampuan berfikir. Gali terus dan lakukan apa yang bisa mendatangkan uang. Dari internet misalnya, atau bisnis yang lain. Saya yakin kalian pasti punya ide.
Segera lakukanlah jangan menunggu lagi, atau terus sibuk mencari pekerjaan dan kalian akan kehilangan banyak waktu yang sia-sia. Umur terus bertambah, dari waktu kewaktu keadaan terus berubah. Apa yang anda fikir prospek untuk hari ini belum tentu prospek untuk hari esok karena itu jangan pernah menunda, segera lakukan, karena saya yakin kalian pasti bisa.

Selamat berkarya, berjuang untuk kesejahteraan negeri ini. Memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain adalah ibadah.

1 Response to "Surat Buat Para Penganguran"

mas Andy, sorsawo.com dimasukkan blogroll dong.🙂

jawaban

Ok Bos, tp gantian lho …..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: