Learning Community

IT Strategis Universitas 10 Tahun Kedepan

Posted on: 18 April 2008

Perkembangan teknologi di bidang IT mendorong universitas-universitas dan kalangan pendidikan untuk ikut didalamnya. Kekuatan IT sangat dirasakan dalam membantu baik untuk operasional maupun untuk mencari atau merekrut calon mahasiswa atau siswa. Penggunaan IT merambah keseluruh lini dari operasi perguruan tinggi di Indonesia untuk menghadapi gempuran dari universitas-universitas dari luar yang akan masuk ke pasar Indonesia.
Berbagai layanan menggunakan IT akan sangat berperan, kecangihan dan kemudahan yang diberikan oleh pihak universitas, dengan segala fasilitas dan sarana pendukung, akan memberikan dampak untuk kemajuan universitas di masa yang akan datang. Pertumbuhan penggunaan akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Keseriusan dalam penggunaan IT (adanya pengembangan system) akan memberikan image ataupun citra universitas di mata masyarakat.


Konsep Integrated System
Integrated system merupakan system yang terintegrasi yang terdiri dari berbagai aplikasi khususnya dari segi database. Integrated system akan mempermudah dan memberikan informasi yang lebih akurat dan lebih baik. Integrated system akan menghilangkan sekat-sekat diuniversitas, baik sekat fakultas, jurusan, ataupun lembaga-lembaga yang ada di universitas dan menjadikan satu system yang menyeluruh.
Konsep ini merupakan konsep system masa depan, yang menjadikan semua data terintegrasi atau adanya data mining. Dengan konsep ini pihak eksekutif manajemen akan mudah dan cepat untuk mendapatkan data dari masing-masing fakultas atau jurusan. Peta situasi di universitas akan terbaca secara akurat. Setiap masalah yang terjadi diuniversitaspun akan dapat diselesaikan dengan cepat. System ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja universitas.

Open sources
Dimasa yang akan datang semua sisitem akan beralih ke open sources, penggunaan software-software open source menjadi trend, disamping karena pertimbangan biaya. Jadi biaya yang digunakan untuk membeli lisensi software dapat dialihkan untuk pengembangan sistem.

Sistem Online Berbasis Layanan
o CBT (Computer Based Test) untuk Penerimaan Mahasiswa Baru
Penerimaan mahasiswa baru merupakan ujung tombak universitas untuk merekrut calon mahasiswanya. Kualitas dan kuantitas calon mahasiswa ditentukan disini. Oleh karena itu diperlukan strategi dan konsep yang jelas. Dukungan teknologi IT sangat membantu dalam perekrutan mahasiswa, ditengah banyaknya universitas maupun sekolah tinggi. Konsep yang sekarang sudah berjalan menggunakan “Computer Based Test” secara intranet. Kedepan system ini harus online, dimana calon mahasiswa dapat melakukan tes dimana saja tanpa ada hambatan. Tetapi kesulitannya melakukan system online adalah tidak adanya kontrol yang pasti bahwa yang tes betul-betul si calon mahasiswa bukan orang lain. Hal ini merupakan tantangan tersendiri yang harus dipecahkan bagaimana caranya mengatasi hal tersebut. Jika system CBT ini bisa secara online maka universitas akan sangat diuntungkan karena akan dapat memangkas biaya operasional penerimaan mahasiswa dan dari sisi calon mahasiswa mereka dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran lewat bank yang telah bekerjasama dengan universitas dan tes di daerahnya tanpa harus ke universitas dan menghemat biaya ongkos. Ini merupakan system yang ideal dimasa yang akan datang.
o Akademik
Untuk meningkatkan layanan dan service universitas, maka penggunaan teknologi IT harus terus ditingkatkan agar para mahasiswa dapat terlayani dengan lebih baik dan merasa puas dengan apa yang mereka dapat baik dari segi pendidikan maupun layanan lainnya yang akan memanjakan mahasiswa sebagai konsumen. Kepuasan merupakan parameter yang penting yang harus diperhatikan oleh pihak universitas, karena menyangkut image dan citra universitas di mata masyarakat. Keunggulan iuniversitas di bidang akademik perlu di tonjolkan dan ditingkatkan terus menerus. Standar dan kualitas pendidikan perlu ditingkatkan dan menggunakan standar internasional, sehingga nantinya dapat bersaing dengan universitas-universitas dari luar negeri. Kerjasama baik dengan pihak universitas lain dalam dan luar negeri maupun dengan perusahaan akan sangat mendukung kemajuan universitas dimasa yang akan datang.
o Library
Perpustakaan online dan terintegrasi untuk satu universitas maupun terintagrasi dengan seluruh perpustakaan di Indonesia merupakan tren di masa yang akan datang. Dimana tidak ada lagi sekat-sekat untuk meminjam di perpustakaan merupakan pengembangan system global.
o Kepegawaian
SIM kepergawaian juga di akses secara online dengan detail lengkap dengan riwayatnya. Disini peran BPSDM hanya sebagai fasilitator dan memberikan layanan untuk setiap pegawai di universitas. Penempatan pegawaipun sudah mulai diperhatikan sesuai dengan bakat dan kompetensinya. Penggunaan IT ini akan sangat membantu setiap pegawai untuk melihat baik data maupun prestasinya.
o Payroll
System penggajianpun data dan informasi maupun komplain dapat dilakukan secara online sehingga terjadi transparansi dari pihak universitas. System ini akan memudahkan pegawai dalam melihat data-data yang berhubungan dengan penggajian, baik gaji pokok, tunjangan, maupun potongan-potongan yang dikenakan pada pegawai tersebut.

SMS Gateway
Informasi lewat SMS merupakan trend ke depan, penggunaan teknologi SMS harus dikembangkan dengan serius karena akan sangat membantu baik untuk promosi maupun untuk keperluan akademik. SMS dapat digunakan untuk layanan akademik (info kuliah, pendaftaran kuliah, KKN, nilai kuliah, status mahasiswa, peminjaman buku, absensi, dll).

e-Learning sebagai wahana pembelajaran
o e-Learning untuk proses akademik
system ini akan sangat membantu dosen dalam proses belajar mengajar dan mahasisiwa dalam berinteraksi dengan mata kuliah tersebut. Dosen diharapkan lebih aktif begitu juga mahasiswanya sehingga akan sangat efektif dan efisien. Bahan-bahan matakuliah dapat langsung di download di system dan mahasiswa dapat mengumpulkan tugas lewat system. Penilaian dosen juga bisa langsung dilakukan di system. Jika system ini diterapkan secara full maka dosen dan mahasiswa akan sering bertemu secara online tanpa harus duduk di satu ruangan, tidak tersekat oleh tempat dan daerah bisa dilakukan via jarak jauh. System ini sangat menghemat ruang dan gedung yang biayanya mahal dan fasilitas lainnya.
o Computer Based Test untuk Mahasiswa
Tes mahasiswa baik MID maupun ujian akhir dapat dilakukan dengan menggunakan computer, dan sangat memungkinkan dapat dilakukan secara online.
Dengan system ini akan menciptakan suasana belajar yang canggih dan menghemat dosen dalam mengoreksi jawaban soal.
o Virtual Laboratorium
Lab. Virtual merupakan konsep lab. dengan menggunkanan software khusus komputer yang bisa dibuat sendiri ataupun menggunakan software yang telah ada. Lab ini sangat menghemat baik tempat ataupun peralatan yang mahal harganya. Konsep ini akan memerlukan software yang berbasis inteligensi.
o e-Library
Perpustakaan digital, merupakan tren kedepan. Dimana perpustakaan sebagai bank data dan menyediakan fasilitas buku-buku dalam bentuk digital atau e-Book. Hal ini akan menjembatani perbedaan antara Negara maju dan perkembang dalam hal teknologi dan ilmu pengetahuan. Perpustakaan digital berisi jurnal, karya ilmiah, e-book, skripsi mahasiswa, tesis, disertasi, artikel-artikel, dan berita-berita terbaru seputar ilmu pengetahuan dan dunia.
o e-Access Internet Free
Layanan internet free di lingkungan universitas yang mendukung, baik dari fasilitas dan kecepatan akses, dan terbentuknya lingkungan yang kondusif dan nyaman untuk proses belajar. Layanan internet free di lingkungan universitas menggunakan hot spot atau fasilitas lainnya, merupakan daya dukung universitas terhadap proses belajar dan pembentukan budaya universitas untuk menjadi yang terbaik.

ID Card – Smart Card (RFID Card)
o Academic Process
“Satu card untuk semua” merupakan slogan dimasa yang akan datang. Smart card merupakan kartu menggunakan teknologi RFID yang dapat digunakan untuk semua layanan akademik, pembayaran, perpustakaan, maupun akses lainnya.
Hal ini akan sangat memudahkan universitas dalam melayani mahasiswanya. Dengan integrated sistem hal tersebut dapat dilakukan. Di perpustakaan penggunaan RFID akan sangat membantu baik dalam hal pencarian maupun untuk mengetahui tingkat persediaan/inventory system.
o Bill Process
Smart card ini dapat juga digunakan untuk melakukan transaksi dengan bank, sebagai partner universitas dan dapat digunakan untuk mengakses layanan yang lain yang melakukan kerjasama dengan pihak universitas misalnya layanan rumah sakit.
o Absensi process and identifier
Smart card dapat juga digunakan untuk melakukan absensi baik untuk pegawai universitas maupun mahasiswa. Selain sebgai id card yang memegangnya. Kecanggihan ini akan didukung dengan fasilitas RFID yang memadai sehingga mobilitas terutama pegawai universitas dapat terdeteksi dan dilihat secara real time. Misalnya Pak Rektor sekarang ada dimana dapat terdeteksi selama masih dalam jangkauan RFID.

Sejauh manakah Universitas di Indonesia mempersiapkan hal ini ?

3 Tanggapan to "IT Strategis Universitas 10 Tahun Kedepan"

ok..setuju mas…
majukan indonesia dengan ilmu pengetahuan…
termasuk dengan IT….bravo..

Salam kenal, nama saya Tika,
Kebetulan saat ini saya sedang menulis thesis mengenai bagaimana penerapan CRM di perguruan tinggi (studi kasus salah satu perguruan tinggi swasta yang bernafaskan entrepreneurship),
jika sekiranya ada info yang dapat membantu saya, mohon hubungi saya via YM or email ya mas.
Terima kasih sebelumnya.

Mba Tika dapat baca bukunya Jogianto dosen FE UGM tentang ‘Sistem informasi strategis …..’ Maaf saya agak lupa judul lengkapnya. Saya rasa bagus sebagai referensi ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: