Learning Community

Blue Ocean Strategy

Posted on: 18 April 2008

Dunia industri terus mengalami perkembangan, berbagai macam jenis usaha bermunculan seperti jamur hingga persainganpun tak terelakkan lagi. Perusahaan dengan jenis produk yang sama akan memperebutkan pasar sampai titik darah penghabisan. Mereka tidak segan mengeluarkan dana besar untuk melakukan promosi, walaupun pasar telah mengalami kejenuhan karena kebanjiran produk. Dalam persaingan seperti ini sering disebut samudra merah. Dalam samudra merah batasan-batasan industri telah didefinisikan dan diterima serta aturan-aturan dalam persaingan telah diketahui. Disini perusahaan akan berlomba-loma memperebutkan pangsa pasar dan ketika ruang pasar semakin sesak, prospek akan laba dan pertumbuhan pun akan berkurang. Kompetisi akan berjalan dengan tidak sehat dan akan mengubah samudra merah menjadi samudra penuh darah.
Lalu bagaimana untuk mengatasi hal ini ?

Untuk mengatasi hal diatas maka berkembanglah strategi samudra biru (blue ocean strategy). Dalam samudra biru ditandai dengan ruang pasar yang elum terjelajahi, penciptaan permintaan, dan peluang pertumbuhan yang masih sangat besar. Dalam samudra biru kompetisi menjadi tidak relevan karena aturan-aturan permainan baru akan dibentuk.

Ada sejumlah kekuatan pendorong dibalik meningkatnya tuntutan untuk menciptakan samudra biru. Kemajuan teknologi yang sangat pesat mendorong semakin cepat terciptanya ragam produk dan jasa. Hal ini akan menyebabkan pasokan melebihi permintaan. Akibatnya akan terjadi perang harga yang semakin panas dan margin laba yang terus menyusut. Dalam industri yang penuh sesak, melakukan diferensiasi produk menjadi semakin sulit.

Untuk melakukan strategi ke arah samudra biru, maka diperlukan sebuah tim yang solid dan mampu bekerja sama dengan baik karena disini setiap orang harus berpikir cepat dalam setiap situasi. Inovasi menjadi ujung tombak utama untuk menuju ke samudra biru. Pemenang dalam menciptakan samudra biru bukanlah perusahaan yang harus memiliki teknologi super canggih dan waktu yang tepat dalam memasuki pasar, tetapi lebih pada inovasi nilai dimana perusahaan dapat memadukan inovasi dengan utilitas/manfaat, harga, dan posisi biaya.

Lalu bagaimana cara melakukan strategi samudra biru ?

Dalam penciptaan samudra biru diperlukan inovasi yang kadang tidak terpikir sebelumnya oleh kita maupun para pesaing, untuk itu cara yang termudah adalah kenali terlebih dahulu baik kelemahan, kelebihan, peluang dan hal-hal yang bisa dihilangkan. Untuk membuat nilai baru dapat kita lakukan dengan mengembangkan kerangka kerja empat langkah.

Dengan menggunakan kerangka kerja empat langkah, akan membantu dalam menciptakan nilai baru yang menantang logika strategi dan model bisnis pada umumnya. Ada empat pertanyaan kunci yang menentukan hal tersebut yaitu :

  1. Faktor apa saja yang harus dihapuskan dari faktor-faktor yang telah diterima begitu saja oleh industri ?
  2. Faktor apa saja yang harus dikurangi hingga di bawah standar industri ?
  3. Faktor apa saja yang harus ditingkatkan hingga diatas standar industri ?
  4. Faktor apa saja yang belum pernah ditawarkan industri sehingga harus diciptakan ?

Pertanyaan pertama akan memaksa Anda untuk mempertimbangkan penghilangan faktor-faktor yang sudah lama menjadi ajang persaingan dalam industri. Yang sering kali faktor-faktor ini tidak mempunyai nilai atau bahkan dapat mengurangi nilai.

Pertanyaan kedua memaksa Anda untuk menetukan apakah produk atau jasa yang ada dirancang terlalu berlebihan untuk mengikuti irama kompetisi dan mengalahkannya. Pertanyaan ketiga mendorong Anda untuk menguak dan menghilangkan kompromi-kompromi yang dipaksakan industri kepada konsumen. Pertanyaan keempat membantu Anda menemukan sumber-sumber nilai yang sepenuhnya baru bagi pembeli dan menciptakan permintaan baru serta mengubah pemberian harga akan sebuah produk.

Selamat Berinovasi …..

1 Response to "Blue Ocean Strategy"

thanx untuk informasinya ….. cukup menarik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: