Learning Community

Penerapan Data Mining

Posted on: 17 April 2008

Sebagai cabang ilmu baru di bidang komputer (lihat artikel sebelumnya berjudul ‘Data Mining’) cukup banyak penerapan yang dapat dilakukann oleh Data Mining. Apalagi ditunjang ke-kaya-an dan ke-anekaragam-an berbagai bidang ilmu (artificial intelligence, database, statistik, pemodelan matematika, pengolahan citra dsb.) membuat penerapan data mining menjadi makin luas. Di bidang apa saja penerapan data mining dapat dilakukan? Artikel singkat ini berusaha memberikan jawabannya.
Analisa Pasar dan Manajemen

Untuk analisa pasar, banyak sekali sumber data yang dapat digunakan seperti transaksi kartu kredit, kartu anggota club tertentu, kupon diskon, keluhan pembeli, ditambah dengan studi tentang gaya hidup publik.
Beberapa solusi yang bisa diselesaikan dengan data mining diantaranya:
Menembak target pasar
Data mining dapat melakukan pengelompokan (clustering) dari model-model pembeli dan melakukan klasifikasi terhadap setiap pembeli sesuai dengan karakteristik yang diinginkan seperti kesukaan yang sama, tingkat penghasilan yang sama, kebiasaan membeli dan karakteristik lainnya.
Melihat pola beli pemakai dari waktu ke waktu
Data mining dapat digunakan untuk melihat pola beli seseorang dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, ketika seseorang menikah bisa saja dia kemudian memutuskan pindah dari single account ke joint account (rekening bersama) dan kemudian setelah itu pola beli-nya berbeda dengan ketika dia masih bujangan.
Cross-Market Analysis
Kita dapat memanfaatkan data mining untuk melihat hubungan antara penjualan satu produk dengan produk lainnya. Berikut ini saya sajikan beberapa contoh:
o Cari pola penjualan Coca Cola sedemikian rupa sehingga kita dapat mengetahui barang apa sajakah yang harus kita sediakan untuk meningkatkan penjualan Coca Cola?
o Cari pola penjualan IndoMie sedemikian rupa sehingga kita dapat mengetahui barang apa saja yang juga dibeli oleh pembeli IndoMie. Dengan demikian kita bisa mengetahui dampak jika kita tidak lagi menjual IndoMie.
o Cari pola penjualan
Profil Customer
Data mining dapat membantu Anda untuk melihat profil customer/pembeli/nasabah sehingga kita dapat mengetahui kelompok customer tertentu suka membeli produk apa saja.
Identifikasi Kebutuhan Customer
Anda dapat mengidentifikasi produk-produk apa saja yang terbaik untuk tiap kelompok customer dan menyusun faktor-faktor apa saja yang kira-kira dapat menarik customer baru untuk bergabung/membeli.
Menilai Loyalitas Customer
VISA International Spanyol menggunakan data mining untuk melihat kesuksesan program-program customer loyalty mereka. Anda bisa lihat di http://www.visa.es/ingles/info/300300.html
Informasi Summary
Anda juga dapat memanfaatkan data mining untuk membuat laporan summary yang bersifat multi-dimensi dan dilengkapi dengan informasi statistik lainnya.

Analisa Perusahaan dan Manajemen Resiko

• Perencanaan Keuangan dan Evaluasi Aset
Data Mining dapat membantu Anda untuk melakukan analisis dan prediksi cash flow serta melakukan contingent claim analysis untuk mengevaluasi aset. Selain itu Anda juga dapat menggunakannya untuk analisis trend.
• Perencanaan Sumber Daya (Resource Planning)
Dengan melihat informasi ringkas (summary) serta pola pembelanjaan dan pemasukan dari masing-masing resource, Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan resource planning.
• Persaingan (Competition)
o Sekarang ini banyak perusahaan yang berupaya untuk dapat melakukan competitive intelligence. Data Mining dapat membantu Anda untuk memonitor pesaing-pesaing Anda dan melihat market direction mereka.
o Anda juga dapat melakukan pengelompokan customer Anda dan memberikan variasi harga/layanan/bonus untuk masing-masing grup.
o Menyusun strategi penetapan harga di pasar yang sangat kompetitif. Hal ini diterapkan oleh perusahaan minyak REPSOL di Spanyol dalam menetapkan harga jual gas di pasaran.

Telekomunikasi

Sebuah perusahaan telekomunikasi menerapkan data mining untuk melihat dari jutaan transaksi yang masuk, transaksi mana sajakah yang masih harus ditangani secara manual (dilayani oleh orang). Tujuannya tidak lain adalah untuk menambah layanan otomatis khusus untuk transaksi-transaksi yang masih dilayani secara manual. Dengan demikian jumlah operator penerima transaksi manual tetap bisa ditekan minimal.

Keuangan

Financial Crimes Enforcement Network di Amerika Serikat baru-baru ini menggunakan data mining untuk me-nambang trilyunan dari berbagai subyek seperti property, rekening bank dan transaksi keuangan lainnya untuk mendeteksi transaksi-transaksi keuangan yang mencurigakan (seperti money laundry). Mereka menyatakan bahwa hal tersebut akan susah dilakukan jika menggunakan analisis standar. Anda bisa lihat di http://www.senate.gov/~appropriations/treasury/testimony/sloan.htm. Mungkin sudah saatnya juga Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia menggunakan teknologi ini untuk mendeteksi aliran dana BLBI.

Asuransi

Australian Health Insurance Commision menggunakan data mining untuk mengidentifikasi layanan kesehatan yang sebenarnya tidak perlu tetapi tetap dilakukan oleh peserta asuransi. Hasilnya? Mereka berhasil menghemat satu juta dollar per tahunnya. Anda bisa lihat di http://www.informationtimes.com.au/data-sum.htm. Tentu saja ini tidak hanya bisa diterapkan untuk asuransi kesehatan, tetapi juga untuk berbagai jenis asuransi lainnya.

Olah Raga

IBM Advanced Scout menggunakan data mining untuk menganalisis statistik permainan NBA (jumlah shots blocked, assists dan fouls) dalam rangka mencapai keunggulan bersaing (competitive advantage) untuk tim New York Knicks dan Miami Heat.

Astronomi

Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena, California dan Palomar Observatory berhasil menemukan 22 quasar dengan bantuan data mining. Hal ini merupakan salah satu kesuksesan penerapan data mining di bidang astronomi dan ilmu ruang angkasa. Anda bisa lihat di www-aig.jpl.nasa.gov/public/mls/news/SKICAT-PR12-95.html.

Internet Web Surf-Aid

IBM Surf-Aid menggunakan algoritma data mining untuk mendata akses halaman Web khususnya yang berkaitan dengan pemasaran guna melihat prilaku dan minat customer serta melihat ke-efektif-an pemasaran melalui Web.

Dengan melihat beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas, terlihat sekali potensi besar dari penerapan Data Mining di berbagai bidang. Bahkan beberapa pihak berani menyatakan bahwa Data Mining merupakan salah satu aktifitas di bidang perangkat lunak yang dapat memberikan ROI (return on investment) yang tinggi. Namun demikian, perlu diingat bahwa Data Mining hanya melihat keteraturan atau pola dari sejarah, tetapi tetap saja sejarah tidak sama dengan masa datang. Contoh: jika orang terlalu banyak minum Coca Cola bukan berarti dia pasti akan kegemukan, jika orang terlalu banyak merokok bukan berarti dia pasti akan kena kanker paru-paru atau mati muda. Bagaimanapun juga data mining tetaplah hanya alat bantu yang dapat membantu manusia untuk melihat pola, menganalisis trend dsb. dalam rangka mempercepat pembuatan keputusan. Kapankah data mining akan banyak digunakan di Indonesia? Kita tunggu saja.

42 Tanggapan to "Penerapan Data Mining"

Trusss apa dong bedanya sapa data warehouse, bussinnes intelegent dan olap. Kasih infonya ya dong bang andy. Terutama posisi masing2 komponen tadi dalam arsitektur implementasi data mining

Jawaban

OLAP dan bussiness intelegent merupakan contoh teknik data mining, dimana Teknik data mining terdiri dari :
– Analisis cluster
– Induksi (pohon keputusan dan aturan induksi)
– Jaringan syaraf Tiruan (Neural Network)
– Online Analytical Processing (OLAP)
– Visualisasi data

Aa Andi, kasus data mining di rumah sakit buat apa aja ya??? Saya ini lagi Tugas Akhir tentang data mining n mempunyai database suatu Rumah sakit. Sebelumnya Terima kasih

Jawaban

Di dalam rumah sakit sangat banyak yang dapat dilakukan diantaranya :
– Penentuan penyakit seseorang, dengan gejala-gejala yang ada
– Pengelompokan beberapa penyakit dengan metode penyembuhan yang tepat
– Trend atau penyakit yang banyak dialami masyarakat
– dll.

mas numpang nanya
kalo saya mau praktekin data mining untuk perusahaan properti bisa g???

misalnya saya punya data dari penjualan apartemen ..

regards,

-mB-

Jawaban

Bung Martin, untuk penerapan data mining di bidang properti bisa dilakukan, jika anda punya data penjualan apartemen maka anda akan dapat banyak informasi dengan data mining misalnya : apartemen seperti apa yang disukai konsumen, target pasar yang masih prospek, dll. Sebenarnya teknik datamining digunakan untuk menggali informasi dari data-data yang ada yang banyak orang kadang tidak tahu akan hal ini.

bung andi, bisa gak penerapan data mining dlm pengambilan keputusan pemberian kredit kpd usaha kecil menengah (ukm)?
jika bisa aplikasi penerapannya seperti apa?
trims

Jawaban

Bisa saja dan teknik yang digunakan yang paling mudah adalah dengan menggunakan decision tree (pohon keputusan), dimana setiap kemungkinan dapat kita petakan, misalkan apakah ada kemungkinan kredit macet atau tidak.

apakah data mining bagian dari business intelligence atau bagai mana ? mohon pencerahnya…karena saya lihat justtru data mining untuk menerapkan BI

Jawaban

Datamining merupakan teknik atau metode yang salah satunya digunakan untuk menerapkan business intelligence.

Mas Andi, nanya dunk…
Kalo implementasi business intelligent di perusahaan asuransi biasanya digunakan untk kasus2 apa saja ya?
Trus utnuk pengimplementasian business intelligent bisa menggunakan software apa? Kalo bisa sih yang open source…
Bisa kasi info ga perusahaan asuransi mana yang sudah berhasil mengimplementasikan business intelligent?
Lagi mo nyusun proposal ni…
Ma kasih banyak ya atas infonya….

Jawaban

Untuk penerapan business intelegent di asuransi sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan asuransi, misalnya untuk mengetahui kecenderungan nasabahnya, dll (maaf saya tidak begitu banyak tahu apa saja yang dilakukan asuransi). Disamping itu juga dapat digunakan untk memetakan pelanggan dan pendukung keputusan untuk pengembangan perusahaan asuransi. Saya kira banyak sekali yang bisa dilakukan. Tetapi perlu diingat bahwa itu semua dapat berjalan dengan baik saat ketersediaan data akurat dan ada. untuk asuransi mana saja yang telah menerapkan saya kurang begitu tahu, tetapi penerapan datamining dan bussiness intelegent sekarang ini sedang banyak dilakukan hal ini mengingat semakin pentingnya informasi tentang pelanggan.

payah tentang data mining nya cuma bisa ngikutin dari dosen y !!!

saya mau tanya tentang apa-apa aja produk dari data mining dan OLAP?

thanks

Nanya dunk, kalo mis utk mengetahui preferabilitas customer thd produk yg mana apakah A ato B, lalu untuk jg membidik si customer A apakah cocok dgn teknik marketing X ataukah Y, apakah bs menggunakan data mining?

Thanks

mas,salam kenal

saya mau nanya mas, kira-kira penerapan decision tree pake algoritma c4.5 untuk diterqapkan pada bulog,pln atau dinas-dinas apa ya mas,

soalnya datanya lebih mudah diambil disitu.

makasi mas.

Decision tree sebenarnya dapat diterapkan dimana saja yang penting cocok dengan kasus yang akan dipecahkan, jadi tergantung kasusnya gmn ..

mas,

kira-kira punya ide ngak mas untuk kasus yang mungkin bisa di terapkan di dinas pendidikan atau dinas dinas lainnya .

Sore,,,sy mw sdkit2 tanya.Sy punya data dari asuransi.Mksd sy mw sy buat TA mengenai data mining untuk memprediksi nilai premi asuransi.Tpi masih bingung pake metode apa yang tepat.Bisa tolong kasih masukan buat ide gi2.
Thnks b4,ya mas…

mas, saya mau tanya n minta saran..
saya lagi skripsi nie, trus judulnya tentang klasifikasi data mining pake algoritma CSO (cat swarm optimization) buat kasus penentuan bidang minat..tapi kasusnya ini katanya terlalu gampang..
saya bingung mau pake kasus apa lagi..
mohon bantuannya ya mas..
thx

mas saya mau buat TA web mining untuk penentuan barang yang paling byk dibeli customer pada transaksi penjualan scr online…baiknya pake metode apa ya???

coba mas ruby pake metode market basket analysis

mas andi,,saya ini mahasiswa jurusan statistik,,saya ingin menggunakan data mining untuk skripsi saya,,tapi jujur saya tidak tahu menahu tentang data mining,,,apakah bisa dipelajari dalam waktu singkat??terima kasih

1)mas,,apakah bisa data mining d terapkan d kantor pos?sy mempunyai data pengiriman surat dengan harganya(databasenya),tp saya pusing masalah pa yg harus saya diterapkan untuk kasus d kantor pos tersebut,,,

2)saya mempunyai database perusahaan Batu,(untuk bahan odol,pakan ayam,bahan sabun..dll),saya jg bingung masalah pa yg harus d terapkan,,

mohon bantuannya y mas,,sekarang q gi proses skripsi,,,
tks…

mas ada ide terbaru ga untuk penerapan datamining dlm BANK…??

saya mau nanya mas tentang implementasi data mining di bidang kesehatan..apa kira2 yang cocok untuk ditambang ya??

kalau di bidang kesehatan, sebenarnya banyak sekali data yang bisa digali, misalkan data penyakit berdasarkan tren (statistik penyakit berdasarkan bulan-jenis penyakit) ini berguna untuk antisipasi penyakit setiap bulannya dengan melihat data bulan tahun sebelumnya hal ini juga bisa dilakukan untuk obat yang akan lebih mengefektifkan stok.

Kira2 apa lg ya mas??maaf ya mas,soalnya saya masih bingung apa yg cocok.
Nanti ide mas saya jadiin referensi..makasi mas..

gini aja mas ari punya data apa ?

A andy, kalo kasusnya gak punya data sekali dan masih awam soal data mining gmna atuh a? thanks a.🙂

kalau masih awam tentang datamining ya belajar terlebih dahulu tentang datamining🙂. trim

saya mau nanya mas, untuk implementasi data mining di bidang kesehatan dalam menentukan trend / penyakit yang banyak dialami masyarakat itu bagusnya menggunakan metode dan algoritma apa ya mas ?
data yg saya punya, rekam medis pasien mas
terima kasih mas

kalau mau melihat trend anda bisa menggunakan metode trend analisys. Atau juga bisa menggunakan clustering/pengelompokan berdasarkan penyakit atau gelaja atau yang lainnya.

saya ganti topik nih mas,bukan di bidang kesehatan lagi,tapi untuk penjualan. saya ada data penjualan tahunan coca cola dan pola penjualannya. jadi rencananya akan menentukan pola penjualan yang cocok untuk tahun berikutnya berdasarkan tahun sebelumnya.
apakah metode clustering cocok mas??klo cocok,kira-kira yang akan dikelompokkan apa ya mas??
trus, klo bahasa program php rumit gak mas untuk data mining??
makasi mas..

Anda punya data penjualan dan pola penjualannya. Sebenarnya dengan anda punya pola penjualannya itu sudah termasuk datamining karena untuk membuat pola penjualan tentunya menggunakan suatu algoritma. Saran saya jika mau mengetahui pola selanjutnya maka pelajarilah pola sebelumnya, tren 5 tahun sebelumnya seperti apa, dari situ Anda bisa memprediksi trend kedepan. Trim

Klo bahasa pemrograman php untuk data mining gimana mas??
Rumit gak ya??

Ga juga kalau masnya sudah sedikit menguasai php. Nanti yang mas butuhkan adalah : masnya harus dan wajib menguasai bahasa SQL (Query) dan Query ini nanti yang akan di masukkan ke php. Kemudian masnya juga harus menguasai bagaimana membuat grafik/chart dan report dengan php karena grafik/chart tadi digunakan untuk menampilkan keluaran data dari query yang dibuat sehingga mudah dipahami oleh end user. trim

Aslm, mas Andy saya mw tanya apakah data mining dapat digunakan u/ menentukan tempat liburan apa yg paling di inginkan (spt : pantai / pegunungan) yang datanya disesuaikan dengan co : budgeting, jarak, waktu liburan etc….. btw bisa g mas Andy contoh kolom apa saja yang sesuai dengan hal ini…. (klo bisa kirim via e-mail ya mas…hehehe)

dan jangan lupa menguasai teorinya juga tentang statistika, regresi dan lain lain yang bikin pusing sebagai dasar memahami teori algoritma data mining karena yg diolah bukan data tampilan query tapi sdh kuantitas nya😀 (cmiiw)

ada modul ttg data mining g ???

Thanks gan

Permisi mas andy, numpang tanya..
kalo untuk penerapan data mining di bidang penjualan barang, yang cocok itu menggunakan metode ato konsep apa ya mas ? terimakasih

mas saya mau bertanya ini kira kira judul selain penjualan itu yang termasuk data mining apa ya mas??

kolo judulnya implementasi menentukan penyakit pada masyarakat itu apa itu termasuk data ming,atau dia cocok nya pendukung keputusan??

Assalamualikaum mas mau tanya judul saya penerapan data mining untuk pengelompokan hasil diagnosa pasien pengguna bpjs. metode yang bagus di gunakan apa ya k-means atau decisioan tree? terus jenis jenis penyakit itu kan ada fitur-fiturnya dari fiturnya itu dirubah jadi angka utk dikelompokkan bgmna ya? makasih mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: