Learning Community

Data Mining dan Web Mining

Posted on: 17 April 2008

Data mining (DM) yang juga dikenal sebagai Knowledge Discovery (Frawley et al., 1992) , merupakan salah satu bidang yang berkembang pesat karena besarnya kebutuhan akan nilai tambah dari database skala besar yang makin banyak terakumulasi sejalan dengan pertumbuhan teknologi informasi. Secara umum, data mining dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa ilmu pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu kumpulan data (Pramudiono, 2003).

Web mining merupakan penerapan teknik data mining terhadap web dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan dan informasi lebih dari dalam web. Web mining dapat dikategorikan ke dalam tiga ruang lingkup yang berbeda, yaitu web content mining, web structure mining dan web usage mining (Srivastava et al., 2000).


Association Rules dan Algoritma Apriori

Association rules merupakan salah satu teknik data mining yang berfungsi untuk menemukan asosiasi antar variabel, korelasi atau suatu struktur diantara item atau objek-objek didalam database transaksi, database relasional, maupun pada penyimpanan informasi lainnya.

Sebagai ilustrasi dalam analisis weblog dari association rules adalah sebagai berikut, pola yang mungkin adalah “jika seseorang mengunjungi website CNN, terdapat kemungkinan sebesar 60% orang tersebut mengunjungi website Detik pada bulan yang sama.” Pada ilustrasi tersebut, pola yang ditemukan berpotensi menghasilkan potongan informasi yang menarik dan dibutuhkan oleh perusahaan yang terkait.

Proses di dalam teknik assocation rules adalah mencari aturan-aturan yang memenuhi minimum support dan confidence. Algoritma yang pertama kali digunakan dalam teknik association rules dan yang paling banyak digunakan adalah algoritma apriori (Agrawal & Srikant, 1994).

Web Crawler

Web crawler (yang juga dikenal dengan web spider atau web robot) adalah suatu program atau script otomatis yang menjelajahi WWW dengan menggunakan sebuah metode atau cara yang otomatis. Nama-nama yang jarang digunakan pada sebuah web crawler adalah ants, automatic indexers, bots, worms (Kobayashi & Takeda, 2000).

Extended Log File Format

Extended Log Format dirancang untuk memenuhi beberapa kebutuhan di bawah ini (Baker & Behlendorf, 1996):

* Memperbolehkan kontrol pada data yang direkam.

* Memenuhi kebutuhan proxy, client dan server dalam format yang umum.

* Menyediakan penanganan yang sempurna akan masalah penghilangan karakter.

* Memperbolehkan dalam pertukaran demografis data. * Memperbolehkan dalam menyajikan rekapitulasi data.

12 Tanggapan to "Data Mining dan Web Mining"

pak…
bisa minta data transaksi pasar swalayan ga..???

lalu mengenai algoritma apriori dimana kita bisa liat flow chart nya…
tapi yang jelas ya….

Jawaban

Untuk data transaksi swalayan terus terang saya tidak punya. Dan untuk flow chartnya itu by kasus. Anda ingin membuat apa atau ingin memecahkan kasus apa ? dan flow chart inilah yang akan mempermudah dalam memahami suatu proses.

Salam Kenal Pak Andi

Saya Seorang Mahasiswa yang saat ini sedang kebingungan Buat Program Datamining(Apriori Rule) dengan delphi,ssat ini saya menggunakan database Nortwind bawaan SQL server 2000

saya kesulitan untuk menampilkan Product Name
Mohon Pak Andi berkenan Membantu saya gimana cara menampilkan ProductName

nanti sya akan kirim Program yang sudah saya buat ke Bapak
Terimakasih

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya, tetapi saya masih bingung dengan permasalahan Anda.
Tetapi dari yang saya tangkap anda kebingungan dalam menampilkan data yang kemungkinan ada di database. Akan saya coba terangkan cara menapilkan data dari database dibawah ini.
Untuk menampilkan data yang ada di database (yang anda gunakan adalah Sql Server) maka langkahnya adalah :
– Anda harus terkoneksi/connect terlebih dahulu ke database (untuk koneksi anda dapat menggunakan komponen ADO di delphi)
– Setelah terkoneksi, maka anda tinggal memanggil tabel yang akan ditampilkan dengan menambahkan SQL di komponen ADO
– Untuk menampilkan hasilnya anda dapat menambahkan komponen Grid dan datasource, dimana datasource dikoneksikan ke komponen ADO dan Grid pada properti datasource diisi nama datasource yang ditambahkan tadi
– aktifkan atau konekkan komponen ADO-nya maka data akan tampil

Saran
Saya sarankan Anda menggunakan database MySQL yang free, karena MySQL juga sudah cukup bagus.

Jika keterangan saya masih membingungkan mas Kukuh dapat mengirimkan program Delphinya lengkap dengan sourcenya biar bisa saya lihat coding lengkapnya.
Thanks

Mas, saya sedang mengerjakan TA tentang data mining dengan metode association rule untuk analisa pola belanja konsumen. Saya masih belum menemukan solusi dalam pembuatan programnya dimana saya mengimplementasikan algoritma apriori. program saya menggunakan Delphi 7 + SQL Server 2000 … bisa kasi pencerahan mas ?

Jawaban
Pertamakali anda harus membuat rule programnya bisa dengan flow chart. Dari situ Anda dapat mulai membuat programnya.

mas..
saya mau tanya, gimana cara membuat aplikasi data mining dengan menggunakan asociation rule pada mysql..
Misal pada transaksi swalayan.. seorang membeli sayur, telur, bumbu..
cara menghitung keterkaitan atr item-nya mas…

Trims banyak mas

Pak, mau tanya..Selain algoritma apriori, ada metode lain ga ya untuk mengidentifikasi hubungan asosiasi produk?
Mohon bantuan linknya untuk software hubungan asosiasi tersebut..Terima kasih

salam kenal pak andi

saya seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir tentang data mining dengan algoritma apriori pada mini market.

saya lagi kesulitan pada saat pembuatan program (delphi 7.0) untuk generate frequent item (prosedur join,prune,dll) dan association rule. database yang sy gunakan sql 2000.

apakah pak andi bisa bantu saya dalam codingnya?? atau pak andi ada referensi buat saya??

karena saya udah coba tapi gagal trus di masalah yang diatas.

terimakasih.

Bung Norio, saya rasa tahap awal adalah anda harus membuat flow chart programnnya terlebih dahulu, kemudian anda bisa menterjemahkan flow chart tersebut ke program. Ingatlah jika anda membuat program apalagi berhubungan dengan datamining yang sangat erat dengan me-mining data yang ada di database maka keahlian yang anda wajib kuasai adalah SQL atau Query.
Cobalah belajar dari google, sudah banyak yang mengupload di internet tentang SQL tutorial

pak saya mau tanya gimana cara rfid bisa conect ke delphi,sekalian minta codingnya ya pak buat TA saya pak kirim email aj indra0912@gmail.com atw ke no ini 08563287056

seru banget perbicangannya? mas andi ada referensi untuk implementasi ke vb.net ga?? saya sekarang lg skripsi menggunakan vb.net. mohon pencerahannya

Untuk sementara ini blm ada, tetapi saya rasa hampir sama dengan aplikasi lainnya, kekuatannya pada Query, jadi Anda harus menguasai bahasa SQL. Trim

mas andy, saya berencan bikin tugas akhir ttg web mining. studi kasus ttg twitter. apakah ada jurnal atau paper yang bagus ttg topik saya ini mas? terima kasih

artikel menarik , Afra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: