Learning Community

Pemanfaatan RFID

Posted on: 16 April 2008

Jika dulu untuk pelacakan kita menggunakan barcode, kini teknologi RFID menjadi pilihan untuk tracking produk, hewan peliharaan, kendaraan bahkan manusia. Salah satu alasannya adalah kemampuan baca tulis yang dimiliki RFID yang memungkinkan penggunaan aplikasi secara interaktif.
Lalu sejauh mana RFID dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk membantu sebuah proses, disini akan dibahas beberapa penerapan RFID yaitu :
Pelacakan Produk

Teknologi ini telah diterapkan di Wal-mart sebagai supermarket kelas dunia. Setiap produk diberi chip RFID sehingga Wal-mart dapat mengetahui secara realtime keadaan tokonya, baik stok barang yang dimiliki, tanggal expired produknya dan informasi lainnya secara cepat dan akurat.

Pelacakan uang

Bank Sentral Eropa melaju dengan rencananya untuk menanamkan tag RFID setipis rambut manusia di dalam serat uang kertas Euro pada tahun 2005. Tag-tag tersebut memungkinkan untuk mencatat informasi tentang setiap transaksi. Dengan teknologi ini dapat digunakan sebagai cara untuk mencegah pencucian uang, transaksi pasar gelap dan bahkan permintaan kuitansi kosong dari koruptor.

Penerapan dalam jasa pengiriman barang

Perusahaan jasa pengiriman barang seperti FedEx dan DHL dapat menerapkan teknologi RFID untuk mengetahui secara realtime barang yang sedang dikirim, teknologi ini akan melakukan tracking dengan cepat akan keberadaan barang sehingga pelanggan yang mengirimkan barang dapat mengetahui sekarang barangnya sudah sampai mana

Sebagai kartu cerdas

Jika sebuah kartu misalkan kartu pegawai dilengkapi dengan chip RFID maka akan dengan mudah mendeteksi setiap kegiatan karyawan, misalkan si A sedang dimana atau kehadiran karyawan.
Dengan semakin berkembangnya teknologi RFID ini, maka menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi ini agar tidak tertinggal dari negara lain yang telah terlebih dahulu menggunakan teknologi ini.

Penerapan di Perpustakaan

Teknologi ini dapat digunakan untuk menggantikan barcode yang ada ditiap buku di perpustakaan sehingga pihak perpustakaan dapat mengetahui keberadaan buku dan jumlah buku atau stok buku dengan cepat dan akan mempercepat waktu peminjaman dan pengembalian buku.

Tag:

8 Tanggapan to "Pemanfaatan RFID"

udah ada di indonesia, blm?

Sudah ada di Indonesia, mungkin meea bisa menggunakan RFID untuk implementasi di Apotek atau yang lainnya. Pada intinya RFID ini dapat menggantikan barcode

oya? mas Andy tahu produk apa saja di Indo yg sudah memakai RFID?

udah ada sodara2,,tim pimnas ku bikin aplikasi RFID di perpus,,semoga menang amin…

semoga mjd reference untuk menghasilkan produck yang lebih baek

mas andy…
bagaimana tag rfid dapat di scan dan dimasukkan pada sebuah database SQL???
thx…

Jadi gini bung Dani. Sebenarnya ada 2 yaitu pembaca dan yang dibaca. Nah pembaca akan membaca kode di chip RFID kemudian akan melakukan searching di database. Jadi sebenarnya apa yang ada di Chip RFID yang dibaca sudah ada datanya di Database, Kalau dianalogikan hampir sama dengan barcode, untuk mempermudah pencarian. Hanya saja pada chip RFID informasinya bisa lebih banyak

mau tanya mz,gmn caranya kalau chip rfid dimasukan dlm aliran darah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 211,472 hits
%d blogger menyukai ini: