Learning Community

Pajak Dalam Jual Beli Property

Posted on: 25 Juli 2011

Dalam dunia bisnis apapun, kita tidak akan lepas dari dunia perpajakan. Dan dalam setiap transaksi jual beli properti tentunya akan mengandung kewajiban pembayaran pajak. Pajak-pajak tersebut akan dikenakan kepada pembeli maupun penjual.
Berikut adalah pajak-pajak yang biasa dikenakan dalam transaksi jual beli properti.

  • BPHTB (Bea Peralihan Hak Atas Tanah dan Bangunan) BPHTB akan dikenakan kepada Pembeli dan dibayarkan ketika terjadi peralihan hak atau penandatanganan Akta Jual Beli di Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Pembayaran dapat dilakukan di Bank yang ditunjuk sebagai tempat pembayaran pajak dan dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak setempat. Cara menghitung BPHTB adalah sebagai berikut : BPHTB = (Harga Jual – Faktor Tidak Kena Pajak*) x 5%

* Faktor Tidak Kena Pajak di setiap daerah berbeda.

  • Pph Final (Pajak Penghasilan Bersifat Final) Pph Final akan dikenakan kepada Penjual apabila Penjual adalah perseorangan atau Sertifikat Hak Milik (SHM).Untuk Penjual adalah Perusahaan atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), maka tidak dikenakan Pph Final. Pph Final hanya akan dikenakan apabila nilai transaksi jual beli lebih dari Rp. 59.999.999,99 (lima puluh juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan koma sembilan puluh sembilan rupiah). Sama dengan BPHTB, Pph Final dibayarkan ketika terjadi peralihan hak atau penandatanganan Akta Jual Beli di Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Pembayaran dapat dilakukan di Bank yang ditunjuk sebagai tempat pembayaran pajak dan dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak setempat. Cara menghitung Pph Final adalah sebagai berikut : Pph Final = Harga Jual x 5%
  • PPN (Pajak Pertambahan Nilai) PPN akan dikenakan kepada Pembeli, dipungut oleh Penjual dengan catatan Penjual adalah Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan atau penghasilan dari penjualan properti melebihi Rp. 600.000.000,00 (enam ratus juta rupiah) per tahun. PPN dipungut pada saat penerimaan uang muka maupun pelunasan dan dibayarkan selambatnya tanggal 15 bulan berikutnya.

Contoh Rumah Seharga Rp. 500.000.000,-

Penjual:

Membayar PPh TB dengan SSP (Surat Setoran Pajak) Final sebesar 5% dari harga jual
PPh TB = 5% x Rp 500.000.000
PPh TB = Rp 25.000.000
Melaporkan dalam SPT Tahunan PPh Orang Pribadi atas penghasilan dari pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan tersebut dalam bagian penghasilan yang dikenakan PPh Final

Pembeli:

Membayar BPHTB dengan SSB (Surat Setoran BPHTB) sebesar 5% dari NPOPKP dan dengan asumsi NPOPTKP pada lokasi tersebut adalah sebesar Rp 60.000.000.
BPHTB = 5% x (Rp 500.000.000 dikurangi Rp 60.000.000)
BPHTB = 5% x Rp 440.000.000
BPHTB = Rp 22.000.000
Melaporkan dalam SPT Tahunan PPh Orang Pribadi atas perolehan tanah dan/atau bangunan tersebut

About these ads

10 Tanggapan to "Pajak Dalam Jual Beli Property"

apakah pph bisa diatur,sinhinggah tdk terlalu tingi.

Biasanya nanti dinotaris utk perhitungan PPH dibawah harga jual/transaksi dan itu bisa disepakati bersama

Apa yg tidak bisa di Indonesia.. heheehehe.. Bahkan BPHTB juga bisa diatur dengan memanipulasi harga jual, sehingga berada dibawah NPOPTKP. Semua kembali ke masing2 individu, mau lewat jalan mana.. Lurus atau by pass.

kalau dasar pengenaan pajaknya berdasarkan transaksi jual beli atau NJOP?

tergantung daerah masing-masing, kalau di sleman yogya untuk kebijakan yang baru tidak menggunakan NJOP tetapi menggunakan nilai yang mendekati nilai harga jual, jadi ada survei dari pemda. trim

Kalo saya membeli rumah seharga 80Jt, dimana NJOP dari rumah itu 96jt lebih, berapa BPHTB dan PPh yang harus dikeluarkan?

Kalau harga properti nya di bawah 600jt msh kena ppn ?

ternyata penghitungan bphtb yang sekarang sangat rumit banget……sulit sekali di dapatkan data atau rumus yang jelas

Kalau penjual adalah perusahaan apakah kena Ppn ?

kami perusahaan properti, kami menjual properti namun surat2 belum atas nama perusahaan kami, apakah kami harus memungut ppn ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 144,428 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: