Learning Community

Peran Departemen IT di Perusahaan

Posted on: 21 April 2008

Departemen IT sering kali dipandang sebelah mata karena merupakan departemen yang hanya bisa menghabiskan uang tanpa bisa menghasilkan uang, hal inilah yang kadang menjadi problematika tersendiri bagi departemen IT di perusahaan. Terkadang banyak perusahaan memndang sebelah mata akan peran IT dalam menunjang proses di Perusahaan tersebut, memang belum banyak alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar IT berperan atau ikut andil dalam memajukan perusahaan ?

Bagaimana kita dapat mengetahui peranannya dalam meajukan perusahaan ?

Gambar diatas merupakan proses alur investasi di dunia IT yang nantinya akan menghasilkan performa organisasi yang semakin meningkat sebagai dampak dari penerapan teknogi informasi.

Untuk dapat mengetahui andil departemen IT di perusahaan adalah dengan mengetahui keuntungan-keuntungan penerapan teknologi IT di perusahaan tersebut, misalnya :

- Yang tadinya manual menjadi otomatis, dan hal ini mengurangi biaya untuk tenaga kerjanya, biaya untuk kertas, alat tulis, dll.

- Waktu mengerjakan yang lebih cepat dengan adanya IT. Sebab dengan IT ini akan memperbendek rantai birokrasi, yang tadinya selesai dalam 1 minggu dengan IT hanya butuh waktu 1 hari. Apabila waktu tadi kita konversikan ke biaya maka akan mendapatkan penghematan sekian rupiah.

- Pengambilan keputusan yang lebih cepat, karena dengan IT maka data yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat. Hal ini tentu saja akan menjadikan perusahaan menjadi lebih kompetitif. Sebab dampaknya akan sangat besar bisa jadi karena pengambilan keputusan yang lambat sebuah perusahaan akan kehilangan banyak order.

- Dengan penerapan teknologi IT kita akan dapat menghemat baiaya promosi dan pemasaran, karena promosi lewat web site akan sangat murah dan konsumen dapat melihat profil perusahaan dari mana saja diseluruh dunia.

- Dengan IT maka sistem akan dapat terintegrasi disemua kantor atau perusahaan sehingga hal ini akan dapat meningkatkan kecepatan dalam merespon sesuatu dan pihak manajemen akan dengan cepat mengetahui kondisi perusahaannya tanpa harus berkunjung ke kantor cabang yang jauh dan memakan biaya transportasi.

Jadi sebenarnya penerapan IT ini akan sangat menghemat biaya di semua aspek, baik tenaga kerja, proses, pemasaran, maupun manajemen. Dan penerapan IT ini juga akan dapat mempercepat kemajuan perusahaan, dengan semain meningkatnya margin perusahaan.

Untuk mengetahui secara pasti berapa keuntungan yang dihasilkan oleh IT maka Anda dapat menghitungnya dari penghematan-penghematan yang dihasilkan perusahaan Anda sebagai imbas dari penerapan IT dikonversikan ke Rupiah, dan kemajuan-kemajuan yang dicapai perusahaan anda dari penerapan IT ini, maka akan muncul angka yang cukup signifikan.

About these ads

4 Tanggapan to "Peran Departemen IT di Perusahaan"

Terlalu general kayaknya. Kalo ada yang ada rumusnya [aling g ak komponen perhitungannya mungkin bisa lebih membantu.

btw nice article

Jawaban

Mungkin kalo perhitungan pastinya memang belum ada dan komponen-komponennya tergantung dari karakteristik perusahaan. Kalo untuk menghitung kinerja departemen IT dapat menggunakan teknik Balanced Scorecard (BSC).

Contohnya ….?

Jawaban
Contoh penerapan Balanced Scorecard (BSC) panjang u dapat cari di internat atau ta terangkan secara general di artikel BSC. Sebanarnya aku ada contoh penerapannya sa kuisioner atau hal-hal yang lainnya.

grafik di atas sumbernya dari mana ya mas?
saya juga sedang mempelajari hal ini

terima kasih

saya juga seorang it di sebuah perusahaan
seperti kebanyakan saya cuma sendiri di kantor tersebut kadang harus menghadapi problem yang harus dipecahkan sendiri

seorang IT harus bijak walaupun hasil karya kita dipandang sebelah mata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 142,738 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: