Learning Community

Cara Mendaftarkan Website Ke Search Engine

Posted on: 17 April 2008

Sebelum mendaftarkan website ke search engine, ada baiknya kalau Anda mengetahui sekilas tentang cara kerjanya. Search engine merupakan sebuah sistem database yang dirancang untuk meng-index alamat-alamat internet (URL, FTP, dll). Untuk melaksanakan tugasnya, search engine memiliki program khusus yang biasanya disebut spider, bot, atau crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat web (URL), spider dari search engine akan menerima dan menganalisa URL tersebut. Dengan algoritma tertentu, spider akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan menambahkan URL tersebut ke sistem database mereka. Namun jika tidak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran dalam periode tertentu. Kecepatan crawler setiap search engine berbeda-beda. Oleh sebab itu jika Anda mendaftarkan URL sekarang, kemungkinan baru bisa dilisting dalam 2 minggu hingga 2 bulan. Ini disebabkan karena ada ribuan URL baru yang mendaftar setiap harinya. Google.com dan AllTheWeb.com adalah dua search engine yang memiliki kapasitas crawler terbesar saat ini.
Melakukan Pendaftaran

Bagaimana melakukan pendaftaran ? Gampang, Anda tinggal mengisi form pendaftaran URL yang disediakan masing-masing search engine. Misalnya untuk Google, form pendaftarannya ada di http://www.google.com/addurl.html. Setelah itu tunggu beberapa minggu dan lakukan pengecekan apakah website Anda sudah terlisting atau belum. Cara mengeceknya, masuk ke situs search engine yang bersangkutan kemudian ketikkan domain Anda sebagai kata kunci, misalnya andyku.wordpress.com. Jika URL Anda muncul pada hasil pencarian (search result), berarti website Anda sudah terdaftar. Bagaimana jika tidak muncul ? Ada dua kemungkinan penyebab. Pertama, karena crawler search engine memang belum sempat berkunjung dan membaca isi (content) dari web Anda. Kedua, crawler sudah berkunjung namun tidak dapat membaca content karena sesuatu hal, misalnya pada saat web server Anda down atau kelebihan traffic. Pada kasus kedua, search engine biasanya akan berusaha membaca ulang URL tersebut dalam jangka waktu tertentu, namun cara terbaik adalah melakukan pendaftaran ulang apabila website Anda sudah benar-benar siap.

Sekarang kita asumsikan pendaftaran website Anda sudah berhasil, apakah itu sudah cukup ? Tentu saja tidak, Anda perlu melakukan pengujian berikutnya. Coba ketikkan keyword atau frase umum yang berhubungan dengan isi website. Misalnya jika website Anda menawarkan produk komputer bekas, cobalah cari dengan kata kunci “komputer bekas”. Jika website Anda muncul di halaman pertama atau kedua, itu sudah bagus. Namun jika website Anda muncul di halaman-halaman belakang, janganlah berharap traffic terlalu banyak. Sangat kecil kemungkinan visitor akan dapat menemukan URL Anda. Mau tidak mau, website Anda harus berjuang memperebutkan posisi 20 besar dari ratusan bahkan jutaan website pesaing.

Selamat Mencoba …….

79 Tanggapan to "Cara Mendaftarkan Website Ke Search Engine"

Mas bagaimana ini? saya udah daftar awal-awal keluar meski di urutan belakang, tapi terus hilang lagi? ada saran mas? makasih sebelumnya

Jawaban

Coba Anda daftar ulang lagi dan masukkan beberapa key word sesuai dengan isi website Anda

saya pengen masukkan link website saya yang satunya mas

Makasih mas…

Gimana Caranya Mendaftarkan Website Kami

ah paling penulis baca di Gramedia ilmu begitu.

Bagaimana mas caranya supaya blog saya yg terdepan search engine

mw belajar tentang pendaftaran seacrh engine, c0me t0 http://www.wehavesurvive.blogspot.com

google bagus

google cepat

Saya cuma mau berbagi informasi. bagi anda yang ingin membuat website sekarang sudah ada yang gratis lho… ngga usah bayar domain, hosting dan cara bikinya juga gampang. contoh nya seperti punya saya ini http://www.pws09.co.cc bagaimana keren kan ngga usah ada embel-embel blogspot/wordpress/livejournal,dll. Jika anda berminat silahkan bikin domainya dulu di http://www.co.cc sedangkan untuk hostingnya dapat dibuat di http://www.000webhost.com/94934.html
jika kurang jelas silahkan kunjungi web saya untuk panduanya.

trims mas untuk penjelasannya. Sangat membantu saya yang masih belajar ini. Sepertinya, harus sering-sering nih mampir di sini.. Salam hangat..

mymoen.com

Bagaimana cara agar web yang saya buat akan bisa masuk pada internet dan cara mendaftarnya ?

hii…..
prend2 smua yg da in indo
gaghg usah ribet n ruwet
mendingan coba link ksini
pst bkin gagh bt lg.

Artikel kehidupan

Sepecial download full

bagaimana supaya web saya bisa didaftarkan dan cepat dicari?

Jawaban

Anda tinggal mengikuti langkah-langkah diatas dan menaikkan rating …. Dengan kata lain web Anda harus menjadi web yang produktif dan banyak dicari atau dibuka orang. Dan perbanyak konten.
Thanx.

Thanks a lot…
sambil tuker link keyz..
new bee nieh.. :D

Thanks buat infonya ya

saya dah masuk http://www.google.com/addurl.html tapi masih bingung masukkan website saya yang datanya ada dikomputer ke search engine google.saya ndak tahu apa yang diisikan di form url and comment.bayar ndak sih klo dah masuk

Maaf San yang dimasukkan alamat website Anda dengan keywordnya. Bukan data website Anda. Jadi Anda harus buat domain dulu dan hosting keduanya bisa nyari yang gratisan, baru deh alamat websitenya dimasukkan ke search engine google :)

gmn cara mendaftarkan website yang lebih mudah?
karena aq sudah buat websitenya tapi g bisa mendaftarkannya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa 85% orang tau website kita dari search engine so daftarin website kamu sekarang…!!!artikelnya bagus bos semoga sukses……….

ada webnya di ganti aja biar g’ nyusahin hahahahahahahahahahhahahhahahahah

untung ketemu info ini… jadi ngerti cara submitt ke search engine

makasih infonya mas. coba ahhh. biar bisa nongol di gugel

makasih banyak infonya…

terima kasih buwat artikenya,,,,
bagus sekali,,,,
suKSEs SeLALu,,,

Mantap!!!

mas saya da dftar tp ko lom trdftar di google-a gmn ni tlng ksh info-a ya?thx

thanks…

mampir boss,makasin nee infonya tp blm aq coba…..

Tengkiu sharingnya, jadi nambah ilmu baru….

Klo misalnya daftar di search engine yang lainnya gimana ya mas..
Misalnya yahoo.com

Terima kasih

salam kenal terima kasih sarannya, semoga bermanfaat

Salam Kenal, terima kasih mas atas tulisannya sangat bermanfaat

Makasih banyak mas infonya…, sangat berguna terutama untuk nubie seperti saya… :)

mas saya mau tanya
1. untuk menaikan rengking web kita muncul di halaman pertama google,apa ga mashalah masukan key nya terlalu banyak di kolom pendaftaran itu,
2.di kolom pendaftaran ke google. ada kolom comment,tolong jelaskan, apa yang kita isi di sana dan maximal nya berapa kata,. trimakasih, klu ada yang baca tolong kasih tau ke hp aku ya: 0813 7138 8163 , saya sangat bingung dan butuh, miscall aja pasti ku telpon balik……. bingung… ne… ga ngerti… , tapi penen tau… please….

please ya… miscall ajah

aq udah daftarkan web aq ke google 3 hari yang lalu tapi belum ada masuk search. gimana caranya biar stus kta dpt uang?

thnk atas infonya mas

Terimakasih atas infonya mas. Mhon sharingnya kembali….

terima kasih atas imfonya.

masih bingung cara mendaptar ya..

Mas ,thanks banget infonya. Saya mau coba

ada gak caranya daftar website sekali daftar ke ribuan search engine????

langsung ke TKP

nice share mas, sangat berguna bagi orang banyak….. tapi aku bikin udah puluhan website tanpa di daftarkan udah masuk sendiri mas….. nhehe…..

sudah dicoba, tapi saat verify slalu gagal.
tolong dibantu ya,,,

Mas sy udah kunjungi google,tapi pas bagian mengisi coments itu sy masih ga tau mesti ngisi apa.
apakah keterangan salah satu artikel atau keterangan seluruh blog?

saya ingin membuat website

eyip ta cara’x bikin website…???

sudah dicoba, tapi saat verify slalu gagal.
tolong dibantu ya,,,

Thank you… Nice article… ^_^b

HAIIIIII………….

Ikutan baca artikelnya..Bagus!

Admin. Maaf… Numpang promosi buku di sini ya?

Untuk teman-teman blogger sekalian, telah terbit buku berjudul “Teknik Dasar Blogspot untuk Blogger Kreatif” di Penerbit Elex Media Komputindo.

Buku tersebut dikhususkan untuk para calon blogger atau pun blogger pemula dan menengah yang berniat berkreasi melalui blog. Tersedia berbagai tip dan trik untuk mendesain blog, informasi seputar widget, dan juga cara tepat meningkatkan pengunjung blog. Bonus CD berisi 10 rancangan header animasi bergerak dan file-file latihan.

Buku dapat dimiliki di toko buku Gramedia terdekat. Detail buku klik di sini: Teknik Dasar Blogspot untuk Blogger Kreatif.

Trims!

klo daftar di ask.com atau lycos gmn mas ya??
mohon infonya

klo daftar di ask.com atau lycos gmn mas ya??
mohon infonya
http://www.duoallweather.com
ww.solo-outdoor.com

Gmn ya mas caranya untuk daftar ke altavista ???? salam kenal…..

setelah saya cek ternyata hasil pencarian di altavista masuk ke web yahoo, jadi add urlnya di yahoo sudah cukup, alamatnya http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit/
salam sukses

mas saya mau tanya, saya udah buka http://www.google.com/addurl.html untuk daftar search engin tapi saya masih belum ngerti untuk daftar form URLnya apakah mas bisa bantu saya ?
apakah boleh saya minta no telepon mas supaya saya bisa menghubungi mas agar saya bisa lebih mengerti.
tolong dibales cepat yah mas karna saya sangat membutuhkannya….

Untuk saat ini kebijakan google Anda harus punya account gmail dulu jadi daftar terlebih dahulu ke gmail jika belum punya kalau sudah login kemudian nanti ada isian untuk memasukkan alamat domain dan deskripsinya isikan aja kemudian submit. tunggu 1 sampai 2 hari maka domain Anda akan muncul di google (untuk memastikan apakah domainnya sudah terdaftar atau belum ketikkan terlebih dahulu alamat lengkap domain anda di seacrh google 1 atau 2 hari setelah melakukan pendaftaran). trim

Saya suka main facebook

w4y73e5

sukses gan langsung tampil di search engine

terimakasih gan, ini yang saya cari gan

trimakasian banget tutorialnya..

thanks mas baru mau daftarkan ni :D

mantap nih infonya..blog ane masih baru, mesti daftar url nya dulu web master. thanks mas bro..
http://update-film-movies.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

About me

Nama saya Andi

Disini kepengin share pengetahuan dan pengalaman. Jika kita tidak bisa memajukan Indonesia lewat pembangunan fisik maka marilah kita majukan Indonesia dengan pengetahuan sebagai bekal untuk generasi penerus.



Blog Stats

  • 142,748 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

